Log in
Wakapolda-SUMUT-v2.jpg

Staf Dinas PU Langkat Diduga Pungli Rekanan


Medan-andalas Oknum staf Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Langkat diduga melakukan praktik pungutan liar (pungli) terhadap sejumlah rekanan. Informasi diperoleh di Mapolda Sumut, pungli itu dilakukan dengan berbagai cara,  seperti untuk pembuatan berita acara pengerjaan proyek (selesai) dan PHO (pengawas lapangan). "Pungli itu diduga dilakukan wanita oknum staf di Dinas PU Langkat sebesar 1 persen dari nilai kontrak proyek. Tapi, 1 persen itu diminta untuk tiga item, di antaranya tentang pembuatan berita acara dan pengawas lapangan," sebut sumber di Mapolda Sumut, Senin (13/1) siang.

Menurut sumber, biasanya praktik pungli itu dilakukan oleh tiga wanita oknum staf Dinas PU Langkat. Jika permintaan mereka tidak dituruti atau diberikan, maka rekanan yang biasa bekerjasama dengan Dinas PU Langkat akan sulit untuk mendapat, apalagi menang tender.

Kata sumber, pungli itu bisa diperoleh dari berbagai proyek yang sering dipecahkan dalam beberapa tahap.  Misalnya, sambung sumber, proyek bernilai kontrak Rp 2 miliar, bisa dipecahkan menjadi dua, dengan nilai termin pertama Rp 1,5 miliar, dan Rp 500 lainnya pada termin kedua.

"Tapi dari masing-masing nilai proyek yang dipecah itu oknum staf tersebut meminta 1 persen untuk setiap item," kata sumber. Sementara, oknum staf Dinas PU Langkat berinisial Ada ketika dikonfirmasi andalas melalui telepon seluler, Senin (13/1), mengaku tidak tahu soal adanya dugaan praktik pungli tersebut.

"Saya tidak tau soal itu Pak. Saya tidak mengurusi (pungli) itu," tandas Ada. Senada dengannya, oknum wanita staf Dinas PU Langkat lainnya berinisial Fis, juga mengaku tidak tahu menahu soal dugaan pungli tersebut. Meski telah dijelaskan konfirmasi tersebut etika jurnalis untuk keseimbangan berita. "Saya tidak tahu itu, bukan urusan saya," tandasnya.(DA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C