Log in

Siapa yang Dipilih Jokowi?


Jakarta-andalas Setelah sekian lama tidak buka-bukaan soal cawapres-nya di Pilpres 2019, Joko Widodo (Jokowi) mulai memberikan isyarat. Meski belum menyebut nama, Jokowi mengaku sudah mengantongi nama tersebut. Siapa dia?

Hal itu disampaikan Jokowi menjawab pertanyaan wartawan setelah menghadiri penutupan Rembuk Nasional Aktivis '98 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (7/7). Mantan Wali Kota Solo ini akan mengumumkan cawapres-nya. "Sudah ada, tinggal diumumin," ujar Jokowi.

Belum diketahui apakah cawapres Jokowi akan diumumkan saat last minute seperti Pilpres 2014 atau sebaliknya. Jokowi belum memberikan bocoran.

"Pada saat yang tepat nanti akan kita umumkan. Tunggu. Ini kan tinggal nunggu berapa hari, masak nggak sabar," jelas Jokowi. Lantas, siapa cawapres pilihan Jokowi?

Beberapa nama disebut-sebut berpeluang jadi cawapres Jokowi. Nama-nama itu termasuk ketum parpol seperti Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PPP Romahurmuziy (Rommy), dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Dua nama pertama pernah bertemu Jokowi secara personal, namun belum memberikan sinyal tegas akan jadi cawapres Jokowi.

Sedangkan Cak Imin terang-terangan deklarasi jadi cawapres Jokowi melalui posko JOIN yang didirikannya.

Nama lainnya seperti Menko PMK sekaligus Ketua DPP PDIP nonaktif Puan Maharani hingga Gubernur DKI Anies Baswedan bisa juga merapat jadi cawapres Jokowi.

Khusus untuk Puan, Wapres Jusuf Kalla (JK) sempat memberikan 'sinyal'. "Masak dukung Anda (ke wartawan), yang pasti dukung Pak Jokowi. Atau kalau Ibu Puan mau, kita dukung juga," ujar JK setelah menjadi pembicara dalam seminar Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi (WNPG) XI Bahas Percepatan Penurunan dan Pencegahan Stunting untuk SDM Indonesia yang Berdaya Saing, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (3/7).

Sedangkan menurut Rommy, daftar cawapres Jokowi sudah mengerucut di bawah 10 nama dan kemungkinan akan dibahas dengan para ketum parpol koalisi sebelum 15 Juli. Dari 10 nama tersebut berasal dari bermacam-macam kalangan.

"Ada latar belakang politikus, tokoh masyarakat, cendekiawan, purnawirawan militer," ujar Rommy setelah menghadiri halalbihalal bersama PBNU di kantor PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Selasa (3/7).  (DTC)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

27°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 82%

Wind: 11.27 km/h

  • 20 Jul 2018 30°C 24°C
  • 21 Jul 2018 31°C 23°C

Banner 468 x 60 px