Log in

Sekda Pematang Siantar Lapor KASN

Sekda Pematang Siantar Nonaktif Budi Utari Siregar Sekda Pematang Siantar Nonaktif Budi Utari Siregar

Dinonaktifkan Sehari Usai Diangkat

Pematang Siantar - andalas Sekda Pematang Siantar nonaktif, Budi Utari Siregar, melaporkan masalah penonaktifan dirinya oleh Wali Kota Pematang Siantar Hefriansyah Noor ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Dia dinonaktifkan hanya sehari setelah SK pengangkatannya sebagai Sekda terbit. "Hanya ke KASN saja sementara ini, karena itu jalurnya. Jalur lainnya belum," kata Budi di Medan, Sumatera Utara, Rabu (6/11).

Sebenarnya, masalah terkait jabatan sekda yang diemban Budi ini telah terjadi sejak September 2019. Saat itu, Hefriansyah mencopot Budi dari jabatan Sekda dengan pertimbangan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Inspektorat Sumut terhadap Budi.

Budi sebelumnya memang dilaporkan Hefriansyah ke Inspektorat pada April 2019 karena dugaan meneken perpanjangan tugas sekitar 1.000 tenaga harian lepas, surat pindah keluar pegawai, dianggap tidak transparan dalam pelaksanaan pansel Badan Pengawas Perusahaan Daerah serta lambatnya PAPBD 2018.

Budi mengatakan, dalam LHP yang dia tak tahu hasilnya itu, dia dinyatakan bersalah melampaui kewenangan hingga kemudian dicopot dan ditugaskan ke Satpol PP. Setelah dicopot, Budi juga tak terima dan mengadu ke KASN saat itu.

"Berdasarkan LHP yang sampai sekarang kita juga tidak tahu, saya diputuskan bersalah melampaui kewenangan," ujar Budi. Singkat cerita, laporan Budi pada September itu diproses KASN. Tim KASN datang ke Siantar dan membuat surat yang mengoreksi keputusan Hefiansyah dan meminta posisi jabatan sekda dikembalikan ke Budi.

Salah satu poin dalam rekomendasi itu, disebut Budi, bisa diperiksa sesuai dengan PP No 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS jika ada dugaan melakukan kesalahan. Hefriansyah pun disebut mengikuti rekomendasi ini dan mengeluarkan surat keputusan Nomor 800/582/X/WK-THN 2019, yang isinya mengembalikan jabatan Budi tertanggal 21 Oktober. Namun Budi mengatakan, pada 22 Oktober, atau sehari berikutnya, keluar surat Nomor 800/583/X/WK-THN2019 tentang pembebasan jabatan sementara Budi sebagai sekda.

Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pematang Siantar Zainal Siahaan menyatakan status nonaktif itu terkait pemeriksaan Budi. Pemeriksaan yang dimaksudkan terkait dugaan penyalahgunaan jabatan. Pemeriksaan itu terjadwal pada 30 Oktober lalu, namun belum dilakukan. Budi minta tunda karena sakit. "Saya sakit, jadi mengajukan permohonan penundaan. Jumat pekan ini rencananya pemeriksaan itu. Kita lihat nanti bagaimana hasilnya," kata Budi. (DTC)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px