Log in

Raih Prestasi, Gubernur Apresiasi Kontingen Penas Sumut


Medan-andalas Pencapaian kontingen Provinsi Sumatera Utara pada Pekan Nasional Petani dan Nelayan XV pada 6-11 Mei tahun 2017 melampaui hasil-hasil yang pernah diraih pada Penas sebelumnya di Jawa Timur (2014) dan Kalimantan Timur (2011).

Gubernur Sumut H T Erry Nuradi meyampaikan apresiasi dan terimakasih atas berbagai keberhasilan yang diraih kontingen Sumut. “Pak Gubernur menyambut baik atas prestasi yang diraih dan berterimakasih atas peran serta semua pihak serta prestasi yg diperoleh ,” ujar Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Ilyas S Sitorus di sela kegiatan kunjungan kerja di Padang Sidempuan, Minggu (14/05).

Salah satu yang membanggakan adalah Penghargaan  Satya Lencana Wira  Karya Bidang Inovator yang diraih oleh Sartono Amnas, petani asal Kabupaten Langkat. Penghargaan diserahkan langsung oleh Presiden RI dalam acara pembukaan Penas di Stadion Harapan Baru, Banda Aceh.

Selain itu kontingen Sumut juga meraih berbagai prestasi dalam lomba unjuk tangkas, outbond kesadaran lingkungan , pagelaran seni budaya, pameran dan promosi. Bidang Unjuk Tangkas, Sumut meraih Juara I Merangkai Sayuran dan Buah oleh peserta kontingen Kota Medan, Juara I Mancing Maniak diraih Peserta Kontingen Batu Bara, Juara I Menangkap Lele diraih peserta kontingen Batubara.

Untuk Bidang Outbound Kesadaran Lingkungan Sumut Juara I Tarik Tambang oleh peserta Kontingen Labuhan Batu Utara, Juara III Menggunakan Hand Sprayer oleh peserta  kontingen Kota Medan.  Bidang Pagelaran Seni BudayaJuara Favorit oleh kontingen Kabupaten Mandailing Natal yang menampilkan  Gondang sembilan. Bidang Pameran dan Promosi Sumut meraih Juara Harapan I Pameran Pembangunan Pertanian,  Perikanan dan Kehutanan oleh stand Pameran  Pemrovsu.

Dalam rangkaian acara Temu Sukses Petani dan Penyuluh yg dihadiri kurang lebih 1.000 org KTNA dan Penyuluh se Indonesia, kontingan asal Sumut juga diundang sebagai narasumber menyampaikan pengalaman keberhasilannya yaitu Penyuluh Teladan dari Kab. Madina Kholidah, SP dan Petani Teladan dari Kota Padang Sidimpuan Edy Parlis Harahap, SP.

Ilyas menjelaskan, seluruh Kontingen selama Penas berlangsung sebagian besar dalam keadaan sehat. “Kecuali ada tiga org peserta yg sempat dirawat di rumah sakit dan sekarang sudah pulih dan dapat kembali ke daerah masing-masing,” ujarnya.

Sampai hari Sabtu 13 Mei 2017 seluruh Kontingen Sumut yg berjumlah 1.770 orang telah kembali seluruhnya dengan selamat kedaerah masing-masing. Kontingen yang paling akhir meninggalkan Aceh adalah Kontingen asal Kabupaten Humbang Hasundutan yang kembali pada hari Sabtu menggunakan pesawat terbang langsung ke Silangit.

Penas Petani dan Nelayan merupakan ajang para Kontaktani Nelayan dan Kehutanan untuk saling memperlihatkan karya dan pencapaiannya selaku pelaku utama dalam pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan. Penas sekaligus menjadi media membangun interaksi sesama pelaku utama dan peneliti, penyuluh serta pemangku kepentingan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yg timbul dalam pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan di pedesaan.

Penas Petani Nelayan XV Tahun 2017 dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 6 Mei 2017, SKPD Lingkup Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Prov/Kab/Kota dan KTNA seluruh Indonesia yagn  berjumlah kurang lebih 35 ribu orang .

Penas XV Tahun 2017 ditutup Oleh Gubernur Aceh pada Hari Kamis, 11 Mei 2017,  di hadiri Sekjen Kementrian Pertanian, Wakil Gubernur Sumbar sebagai tuan rumah Penas XVI Thn 2020. Sumut diwakili Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura, ir. Azhar,  Kadis Ketahanan Pangan dan Peternakan Dahler serta seluruh peserta Sumut. (WAN)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

26°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 93%

Wind: 6.44 km/h

  • 20 Nov 2017 29°C 22°C
  • 21 Nov 2017 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px