Logo
Print this page

Polri Sebut Situasi di Wamena Sudah Kondusif


Jakarta – andalas Polri menyebut situasi di Wamena, Papua sudah kondusif. Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra mengatakan, aktivitas di daerah tersebut sudah berjalan normal pasca-kerusuhan.

"Wamena sampe detik ini alhamdulillah bapak Kapolda Papua beliau sangat aktif mengunjungi semua komponen-komponen yang ada di masyarakat. Bahkan saat sekarang ini sekolah, sentra ekonomi semua sudah berjalan dengan baik," kata Asep saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (8/10).

Meski begitu, 6000 aparat TNI-Polri terus bersiaga di daerah tersebut. Pihaknya terus menjaga kewaspadaan. "Upaya-upaya pemulihan sudah dilakukan. Namun demikian tetap kewaspadaan itu tetap baik TNI maupun Polri terus menjaga keutuhan keamanan disana ada 6000 personel gabungan untuk menjaga disana," tandasnya.

Sementara itu, Menko Polhukam Wiranto didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, meninjau kondisi terkini di Wamena, Papua, Selasa (8/10).

Rombongan Menko Polhukam yang tiba di Bandara Wamena, Pupua, sekitar pukul 14.11 WIT itu sempat berdialog dengan masyarakat setempat. Menko Polhukam dan rombongan juga meninjau sekolah, melihat kondisi pengungsi dan berdialog dengan jajaran pemkab setempat.

Menko Polhukam Wiranto mengajak semua warga Wamena untuk merajut kembali kebersamaan dan persaudaraan serta kerukunan. "Sebagai hamba Tuhan, kita kubur kebencian itu. Kita bangun kembali persaudaraan itu. Kita kumpul di sini untuk mengajak, mari kita merajut kebersamaan, persaudaraan kita, membangun kerukunan," kata Wiranto di hadapan warga yang mengungsi di halaman Kodim 1702/Jayawijaya di Wamena.

Wiranto juga menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo agar masyarakat tidak eksodus keluar Wamena. Begitu juga bagi yang sudah meninggalkan Wamena, diharapkan bisa kembali ke kota di pegunungan tengah Papua itu.

Mantan Panglima ABRI ini mengajak memulihkan kembali bangunan kerukunan, sementara pemerintah akan memulihkan bangunan fisik. "Tentunya juga dengan dukungan Pemda," katanya. Di saat yang sama, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita juga menyerahkan bantuan untuk korban kerusuhan di Wamena dan pengungsi di Jayapura senilai Rp4,7 miliar secara simbolis yang diterima oleh Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua. (ANT/MDC)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
IKLAN ONLINE | REDAKSI

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com