Log in

Polisi Larang Petasan Selama Ramadan


Medan-andalas Polda Sumut memastikan memberlakukan pelarangan terhadap petasan selama bulan suci Ramadan. Sebab suara letusan petasan mengganggu ketentraman dan kenyamanan masyarakat khususnya umat Islam dalam menjalankan berbagai ibadah selama bulan Ramadan.

"Seperti sebelumnya, untuk petasan kita melakukan pelarangan selama Ramadan, karena dapat mengganggu ketentraman," ujar Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan, Selasa (15/5) di Medan.

Karena itu Nainggolan menegaskan, bagi siapapun yang kedapatan memainkan petasan akan diberi sanksi. "Sanksinya, bagi yang kedapatan bermain petasan akan dijerat dalam undang undang darurat," jelasnya.

Sementara, Kabid Humas Polda Sumut AKBP Tatan Dirsan menyatakan Polda Sumut dan jajaran juga akan melakukan pengamanan pelaksanaan Salat Tarawih di sejumlah masjid di wilayah Sumut.  

"Hal itu disesuaikan oleh tempat dan satuan wilayahnya (satwil). Maksudnya, tempat ibadah akan disesuaikan dengan jumlah jemaah yang melaksanakan giat Salat Tarawih," ujarnya.

Disinggung jumlah petugas, Tatan menyebut satwil yang akan menyesuaikannya dalam giat Pam tersebut. Disinggung mengenai larangan bermain petasan, Tatan mengimbau agar masyarakat selama bulan puasa tidak menyalakannya.

Terkhusus pada saat umat Muslim sedang melaksanakan salat lima  waktu dan Tarawih.

"Kepada masyarakat Muslim Sumut, kita ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan 1439 Hijriah. Sedangkan bagi saudara-saudara yang tidak melaksanakan puasa, agar dapat membantu kelancaran serta kenyamanan saudara kita umat Muslim yang melaksanakan ibadah puasa," pungkasnya. (DA)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

25°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 80%

Wind: 17.70 km/h

  • 20 Jul 2018 30°C 24°C
  • 21 Jul 2018 30°C 23°C

Banner 468 x 60 px