Log in

Penetapan Eramas Pemenang Pilgubsu Tunggu MK


Medan-andalas Pasangan Edy Rahmayadi–Musa Rajekshah (Eramas) dipastikan sebagai pemenang Pilgubsu 27 Juni 2018 setelah berdasar hasil rekapitulasi di tingkap KPU Provinsi Sumut pada Minggu (8/7), unggul dalam perolehan suara atas pasangan Djarot Syaiful Hidayat-Sihar Sitorus (Djoss).

Namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara masih menunggu diterimanya buku register perkara konstitusi dari Mahkamah Konstitusi (MK) sebagai alasan untuk segera dilakukannya penetapan pasangan Eramas sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara terpilih untuk periode 2018-2023.

“Kami menetapkan calon setelah kami menerima yang namanya buku register perkara konstitusi dari Mahkamah Konstitusi,” kata Komisioner KPU Sumut, Benget Silitonga kepada wartawan, Selasa (10/7) di Kantor KPU Sumut.  

Adapun buku resgiter perkara tersebut akan diketahui, setelah MK nanti mengirimkannya ke KPU RI yang selanjutnya akan menurunkannya ke seluruh daerah yang mengadakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2018.

“Jadi, di buku registrasi perkara konstutusi itulah ada nama daerah yang berperkara atau tidak, di situ baru jelas apakah ada Pilgub Sumut itu digugat, kalau memang gak ada, baru kami menetapkan. Kalau ada nama daerah kita di situ berarti kita berperkara,” sambung Benget.

Soal berapa hari buku regsitrasi tersebut bisa diperoleh, menurut Benget tergantung MK. "Kalau buku itu ada, kita baru berani bertindak,” tegasnya sembari menambahkan bahwa secara lisan didapat informasi buku bisa diterima pada 23 Juli mendatang. (AFS)

25°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 4.83 km/h

  • 18 Nov 2018 28°C 23°C
  • 19 Nov 2018 27°C 23°C

Banner 468 x 60 px