Log in

Menristekdikti Minta Peserta Tak Curang dan Stres


Hari Ini Ujian SBMPTN

Banda Aceh – andalas  Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof Muhammad Nasir meminta peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang akan mengikuti ujian mempersiapkan diri. Ia berpesan kepada calon mahasiswa agar tidak berbuat curang.

"Harapannya, yang ikut SBMPTN belajar dengan baik supaya bisa masuk ke perguruan tinggi pilihannya," kata Nasir kepada wartawan di Banda Aceh, Senin (15/5).

Untuk mengikuti ujian, Menristekdikti memberi sedikit wejangan. Selama proses ujian yang berlangsung pada Selasa (16/5) hari ini, peserta SBMPTN diminta tidak mudah stres dan mempersiapkan mental dengan baik.

"Jangan mudah stres, harus belajar. Jangan siapkan sontekan, tapi belajar dengan baik, jangan berbuat curang," jelasnya.

Selain itu, panitia SBMPTN sudah mengantisipasi agar tidak ada calo yang bermain. Jika kedapatan, akan diserahkan ke pihak berwajib untuk ditindak.

"Dari tahun ke tahun tidak pernah terjadi (kecurangan). Tapi jika ada kecurangan, akan kita serahkan ke polisi untuk diproses pidana," ungkap Nasir.

Peserta SBMPTN tahun ini yang mendaftar mencapai 797.023 orang. Mereka akan memperebutkan 128.085 kursi dari 85 perguruan tinggi negeri (PTN).  Sementara ada sebanyak 58 ribu peserta SBMPTN 2017 yang mendaftar melalui Panitia Lokal (Panlok) 14 Medan.

"Ke 58 ribu peserta itu akan kecerdasan mendapatkan kursi di Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Negeri Medan (Unimed), Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), dan Universitas Samudera Langsa pada Selasa nanti," kata  Ketua Panlok 14 Medan Prof Abdul Hamid K saat jumpa pers dengan wartawan, di kampus Unimed, Jalan Willem Iskandar Medan Estate, Jumat (12/5) lalu.

Dia mengatakan, pelaksaan ujian SBMPTN ada dua jenis, yakni ujian tertulis dan ujian keterampilan. "Ujian tertulis berlangsung pada 16 Mei 2017 dengan dua sistem, yaitu Paper Based Testing (PBT) dan Computer Based Testing (CBT)," ujar Hamid  yang saat itu didampingi Sekretaris Panlok 14 Medan Prof  Sahat Siagian dan Kepala Humas Unimed Muhammad Surip.

Lebih lanjut, ditegaskannya, Panlok 14 membawahi empat PTN yang ada di Sumtera Utara dan Langsa. “Jumlah peserta keseluruhan tersebut terdiri dari peserta ujian kelompok Sains dan Teknologi (Saintek) sebanyak 24.760 pendaftar, Sosial Humaniora (Soshum) 20.916 pendaftar dan Campuran (Saintek dan Soshum) sebanyak 12.302 pendaftar dengan jumlah total  57.978 peserta," katanya.

Sedangkan, jumlah pengawas yang diterjunkan untuk bertugas mengawasi pelaksanaan ujian SBMPTN ini, sebanyak 6.000  orang. "4.000 bertugas di lokasi ujian di kampus USU dan 2.000 lagi di Unimed dan UINSU, " tegasnya.

Dia menjelaskan, pendaftaran penerimaan mahasiswa jalur SBMPTN)2017 untuk  Palok 14 Medan ditutup sejak tanggal 8 Mei 2017.  Nantinya hasil ujian SBMPTN akan diumumkan pada 13 Juni 2017.

Aman dari Virus Ransomware

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof M Nasir memastikan ancaman virus ransomware tidak mengganggu pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) serentak di seluruh Indonesia, Selasa (16/5).

Pihaknya telah mengantisipasi agar seluruh dokumen SBMPTN aman dari serangan virus yang sedang popular tersebut. Ada beberapa langkah yang telah dipersiapkan oleh pihaknya, yaitu computer based testing (CBT) atau paper based testing (PBT).

"Kami kan ada CBT, begitu CBT kena virus, gagal langsung kami masukkan PBT. PBT-nya sudah disiapkan, ini antisipasi kalau dengan CBT kena virus," kata Menristek Dikti Prof M Nasir usai melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Senin (15/5).

Nasir menuturkan komputer untuk CBT baru akan online secara serentak Selasa. "Karena ini belum di-install semua, belum bisa dinyalakan, belum bisa dioperasikan, dan semua off line, namun baru besok dimulai, baru di on line-kan," tegasnya.  (DTC/HAM)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

25°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 23 Jul 2017 31°C 21°C
  • 24 Jul 2017 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px