Log in

Manchester City dan Liverpool Berebut Juara Liga Inggris


Minggu (12/5) merupakan pertandingan terakhir Liga Inggris 2018/2019 yang akan menentukan gelar juara antara Manchester City dan Liverpool.

Seluruh pertandingan terakhir musim ini akan digelar serentak Minggu pada pukul 21.00 WIB dimana pekan ke-38 dipastikan akan berlangsung menarik karena Man City dan Liverpool akan bersaing memperebutkan gelar kebanggaan tersebut.  

Man City yang hanya unggul satu poin atas Liverpool akan menghadapi Brighton dan Hove Albion di Stadion Falmer.  Sementara Liverpool akan menjamu tim kuda hitam Wolverhampton Wanderers di Stadion Anfield.

Sebagai tim promosi, Wolves cukup oke musim ini. Tim asuhan Nuno Espirito Santo itu menembus papan tengah klasemen, peringkat ketujuh, dengan raihan 57 poin. Wolves dikenal menjadi batu sandungan untuk tim-tim enam besar musim ini.

Dalam 11 pertandingan, mereka membukukan 4 kali kemenangan, 4 kali hasil imbang, dan menelan tiga kekalahan. Wolves mencuri kemenangan tandang saat melawan Tottenham Hotspur. Lalu membawa pulang satu poin dari lawatan ke kandang Manchester United, Chelsea, dan Arsenal.

Liverpool menjadi salah satu tim yang berhasil mengalahkan Wolves musim ini. Dalam pertandingan di Molineux Stadium pada 22 Desember 2018, The Reds menang 2-0. Saat itu, Mohamed Salah dan Virgil van Dijk yang menjadi penyumbang gol untuk Si Merah.

Rekor pertandingan dalam delapan pertemuan terakhir memperingatkan Liverpool harus waspada. Wolves kerap menjadi kerikil tajam dengan memetik tiga kemenangan, satu hasil imbang, dan menelan empat kekalahan dari Liverpool.

Salah satu kekalahan Liverpool diderita pada pertandingan Piala FA musim ini. Tim asuhan Juergen Klopp dikalahkan 2-1 pada 8 Januari lalu.

Begitu juga dengan Manchester City wajib meraih kemenangan atas Brighton untuk memastikan gelar Liga Inggris musim ini. Jika mampu melakukannya maka The Citizens menjadi tim pertama sejak Manchester United pada 2008-2009 yang mampu mempertahankan gelar Liga Primer Inggris.Pada pertemuan terakhir City dengan Brighton di semifinal Piala FA pada 6 April lalu, tim asuhan Chris Hughton mampu memberi perlawanan sengit. Brighton cuma kalah 0-1 akibat gol cepat dari Gabriel Jesus.

Pada pertandingan lainnya, Arsenal akan menghadapi Burnley di Turf Moor. The Gunners hampir pasti gagal menembus posisi empat besar Liga Inggris musim ini karena tertinggal tiga poin dari selisih gol hingga delapan dari Tottenham Hotspur yang akan menghadapi Everton di laga terakhir. Chelsea akan berusaha mempertahankan posisi tiga saat menghadapi Leicester City di Stadion King Power.

Sementara Manchester United akan melawan Cardiff City di Stadion Old Trafford. Man United yang terpaut satu poin dari Arsenal akan bersaing memperebutkan posisi kelima di akhir musim.

Tiga klub sudah dipastikan terdegradasi ke Divisi Championship musim depan, yakni Cardiff City, Fulham, dan Huddersfield. Sedangkan untuk gelar top skor, penyerang Liverpool Mohamed Salah (22 gol) sementara unggul dua gol atas Sergio Aguero, Pierre-Emerick Aubameyang dan Sadio Mane.
Man City dan Liverpool bisa menjalani playoff pertama dalam sejarah Liga Primer Inggris untuk menentukan siapa yang akan menjadi juara musim ini.

Playoff

Duel keduanya pada laga playoff bisa terjadi jika poin dan selisih gol kedua klub sama di akhir musim. Syarat agar playoff terjadi adalah Liverpool bermain imbang 4-4 melawan Wolverhampton di Stadion Anfield dan Man City kalah 0-4 dari Brighton di Stadion Falmer. Dengan begitu baik Man City dan Liverpool akan sama-sama memiliki 95 poin, 91 gol, 26 kebobolan, dan 69 selisih gol. Jika skor di atas terjadi pada pekan ke-38, maka Man City dan Liverpool akan berduel untuk menentukan juara Liga Primer Inggris musim ini. Pertandingan playoff kemungkinan besar akan digelar di Stadion Wembley.

"Jika ada klub yang finis dengan jumlah poin yang sama, posisi mereka di klasemen Liga Primer Inggris akan ditentukan oleh selisih gol dan kemudian jumlah gol yang mereka cetak," demikian pernyataan resmi pihak Liga Primer.

Man City berambisi menjadi tim yang mampu mempertahankan gelar Liga Primer Inggris dua musim beruntun sejak Manchester United pada musim 2007/2008 dan 2008/2009. Sementara Liverpool belum pernah merasakan gelar Liga Primer Inggris sejak era dimulai pada 1992.

Man City berpeluang meraih tiga gelar musim ini. Setelah memenangi Piala Liga, masih berpeluang besar merebut gelar Liga Primer Inggris dan Piala FA.

Sementara Liverpool juga masih berpeluang merebut gelar Liga Champions dengan bertemu Tottenham Hotspur di final.

Namun bagi eks pemain Arsenal, Paul Merson, menilai tak akan ada kejutan dalam pertandingan keduanya.

"Saya tak bisa melihat bahwa City tak bisa menang. Tak ada yang mengejutkan saya dalam sepakbola setelah pertandingan Liga Champions pekan ini. Tapi, saat anda melihat ke pekan ini, ada dua tim melakukan comeback merupakan tim bagus, dengan setiap pemain bagus. Meski itu adalah keajaibang, orang akan bilang bahwa keajaiban itu terjadi. Brighton mempunyai peluang --mereka tak ada dalam kelas yang sama seperti para pemain yang sudah mewujudkan itu pekan ini," kata Merson. (CNN/DTC)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px