Log in

Lima Rumah dan Satu Jembatan Roboh


Diterjang Banjir Bandang

Samosir-andalas Bupati Samosir Rapidin Simbolon bersama Wakil Bupati Juang Sinaga, Sekretaris Daerah Jabiat Sagala beserta rombongan meninjau lokasi banjir bandang di Bonan Dolok, Kecamatan Sianjur Mulamula, Minggu (11/3).

Banjir bandang yang terjadi Rabu (7/3) merobohkan satu jembatan roboh dan lima unit rumah warga warga di bantaran Sungai Dorte. Banjir bandang juga merusak lahan pertanian warga serta sejumlah fasilitas umum.

Material berupa lumpur, batu dan kayu-kayu juga merusak dinding bangunan sekolah dan memenuhi ruangan sehingga laboratorium SMPN 2 Satu Atap Sianjur Mulamula tidak bisa lagi digunakan.

Camat Sianjur Mulamula Rudi Sitorus menyampaikan sudah mendata kerusakan dan melaporkannya kepada organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk penanganan selanjutnya.

"Kami akan tetap mengoordinasikan dengan pemerintah kabupaten untuk tindakan-tindakan apa yang akan dilakukan untuk mengatasi akibat bencana dan pencegahan bencana terulang kembali," ucap Sitorus.

Kepala SMP Satu Atap Negeri 2 Sianjur Mulamula Dayat Siboro menyampaikan,  banjir bandang tersebut terjadi di beberapa titik, salah satu titik adalah meluapnya Sungai Dorte yang mengakibatkan jembatan roboh dan merusak lima rumah yang ada di bantaran sungai tersebut serta merusak lahan pertanian masyarakat.

Sedangkan titik yang lain terjadi dari sumber aliran sungai baru yang terbentuk sendiri diakibatkan hujan deras sehingga mengakibatkan satu ruang laboratorium IPA SMPN 2 Satu Atap Sianjur Mulamula hancur berantakan diterjang air dan material berupa lumpur, batu, dan kayu.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengaku prihatin atas bencana banjir bandang ini  dan berharap kejadian tersebut tidak terulang lagi. "Setelah meninjau lokasi bencana, pemerintah perlu mengkaji hal-hal apa saja yang perlu dilakukan untuk proses perbaikan maupun pencegahan bencana agar tidak terjadi lagi," ujarnya.

Rapidin berjanji  semua kerugian masyarakat akibat bencana banjir bandang ini akan didata dan akan diberikan bantuan. Dalam kunjungannya ini, Bupati dan Wakil Bupati Samosir spontan memberikan sumbangan kepada warga yang rumahnya terkena longsor yaitu Biner Sagala, Mangiring Sagala, Udin Purba, T Siboro, dan P Siboro. 

Masyarakat mengucapkan terima kasih atas perhatian Bupati dan Wakil Bupati serta Pemkab Samosir dan berharap semua kerusakan akibat bencana banjir bandang ini bisa diperbaiki segera ditangani dan diperbaiki. Selanjutnya, rombongan Bupati melakukan kebaktian di Gereja Katolik St Silvester Bonan Dolok. (HOT)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

30°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 65%

Wind: 17.70 km/h

  • 14 Aug 2018 32°C 21°C
  • 15 Aug 2018 31°C 22°C

Banner 468 x 60 px