Log in

KPU Medan Periksa 5 PPK


Terindikasi Lakukan Pelanggaran Pemilu

Medan - andalas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan akan melakukan pemanggilan dan pemeriksaan terhadap lima Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang diduga terlibat melakukan pelanggaran Pemilu tahun 2019, mulai Jumat (17/5) hari ini.

Hal tersebut ditegaskan Ketua KPU Medan Agussyah Damanik melalui Komisioner KPU  Divisi Hukum Zefrizal kepada andalas, Kamis (16/5). “Ya benar kita akan memanggil dan melakukan pemeriksaan terhadap 5 PPK  yang diduga melakukan pelanggaran Pemilu tahun 2019 ini. Kelima PPK tersebut yakni PPK Medan Belawan, PPK Medan Marelan, PPK Medan Deli, PPK Helvetia dan PPK Medan Polonia,” ucap Zefrizal SH.

Zefrizal mengatakan, adapun dasar pemanggilan mereka adalah adanya perbedaan data di tabulasi DA1 dan DAA1 pada saat dilakukan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat Kecamatan.

“Berdasarkan temuan itulah yang menjadi dasar bagi kita melakukan pemanggilan terhadap mereka ini. Jadi kalau dalam pemeriksaan nantinya kita menemukan adanya pelanggaran etika, maka persoalan ini kita ajukan ke Badan Etika untuk dijatuhi sanksi. Namun bila dalam pemeriksaan ditemukan adanya unsur pidana maka akan diserahkan ke Gakkumdu Bawaslu untuk ditindaklanjuti,” pungkas Zefrizal.

Saat ini tambah Zefrizal, pihaknya masih dalam tahap memanggil, memeriksa dan mengumpulkan bahan dan data, apakah benar telah terjadi pelanggaran atau tidak. “Saat ini masih mengumpulkan bukti, nanti akan kita paparkan,” tegasnya.

Namun ia juga menyebutkan, sebenarnya bukan hanya KPU Medan, tapi seluruh masyarakat juga berhak dan dapat membuat laporan pengaduan. “Kalau ada anggota masyarakat yang memiliki bukti dan data ya silakan saja buat pengaduan, jadi bukan hanya KPU, tapi siapapun bisa membuat laporan,” tandasnya.

Seperti diketahui, dari lima PPK yang terindikasi melakukan pelanggaran pada saat penghitungan surat suara di tingkat kecamatan, terkait dugaan penggelembungan suara sejumlah Caleg DPRD Kota Medan.

Terkait hal ini juga, Komisioner KPU Sumut Mulia Banurea belum lama ini menyatakan, akan menindak tegas PPK yang terlibat jual beli suara dengan membawa persoalan itu ke Gakkumdu Bawaslu Sumut untuk ditindaklanjuti. (AFS)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px