Log in

Kementerian Agama Siapkan Porsi Haji Warisan


2018, Keluarga Bisa Gantikan Calhaj yang Meninggal

Medan-andalas Selama ini dalam pelaksanaan ibadah haji, jika ada jemaah calon haji (calhaj) meninggal dunia sebelum berangkat ke Tanah Suci, maka tidak dapat digantikan oleh anggota keluarga atau ahli warisnya.

Namun mulai tahun depan (2018), Kementerian Agama (Kemenag) akan membuat aturan itu agar ahli waris dapat langsung menggantikan calhaj yang meninggal dunia sebelum berangkat ke Tanah Suci tersebut. Saat ini Kemenag tengah mengkaji regulasinya.   

Hal itu dikatakan Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag RI Prof Dr Nizar MAg usai meresmikan Gedung VIP Raudhah dan lainnya di Asrama Haji Pangkalan Masyhur, Medan, Senin (13/11).

“Baru dikaji, regulasinya yang lalu kan gak boleh calhaj yang wafat digantikan keluarganya. Kita buat regulasi yang baru dulu. Diharapkan implementasinya 2018 berjalan. Aturannya dari dirjen tentang penggantian porsi yang meninggal sebelum berangkat digantikan keluarganya,” kata Nizar.

Menurutnya, yang menjadi dasar pertimbangan dibuatnya regulasi baru tersebut, karena merupakan hak yang harus diberikan. “Dalam agama, yang meninggal ada meninggalkan harta warisan yang diwarisi kepada ahli waris. Sama dengan ini, (calhaj) meninggalkan warisnya,” terangnya.

Regulasi tersebut nantinya juga berlaku bagi calhaj yang walaupun baru dua tahun mendaftar, asalkan sudah mendapatkan nomor porsi keberangkatan.

“Kalau tahun 2018 mau berangkat, meninggal, bisa digantikan keluarganya. Untuk pengajuan bagaimana penggantiannya, masih dilakukan pengkajian dan pengaturannya,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Seksi Pendaftaran dan Dokumentasi Haji Kanwil Kemenag Sumut Eri Nopa membenarkan kalau selama ini regulasi yang mengatur calhaj yang wafat digantikan keluarga memang tidak ada.

“Kalau ada regulasi yang baru, itu bagus. Kita menunggu bagaimana ketentuan dari pusat. Apalagi, (calhaj) yang meninggalkan tiap tahun banyak,” katanya.

Hanya saja menurutnya tetap ada kendala jika regulasi itu nantinya diterapkan. Semisal, jika calhaj yang hendak berangkat apalagi sudah masuk asrama haji meninggal, regulasi ini akan sulit dijalankan. Karena akan dilakukan pengusulan lagi ke Jakarta (Kemenag RI) karena di sana yang memutuskan. “Tapi, kalau satu bulan sebelum berangkat, bisa,” katanya.

Begitupun, lanjut Eri, pihaknya tetap akan memberikan kemudahan sesuai aturan dan membuat rekomendasi. “Jelasnya, kita dukung,” tegasnya.

Dalam acara yang turut dihadiri Plt Kanwil Kemenag Sumut Darmansyah itu juga dirangkai dengan peresmian miniatur Kakbah, peresmian operasional klinik Ibnu Sina, penanaman pohon kurma, dan lainnya. (YN)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

27°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 80%

Wind: 6.44 km/h

  • 21 Nov 2017 28°C 23°C
  • 22 Nov 2017 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px