Logo
Print this page

Kapolri Puji Prabowo Imbau Pendukungnya Tidak Datang ke MK


Jakarta-andalas Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengapresiasi imbauan yang disampaikan Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, kepada para pendukungnya agar tidak mendatangi Mahkamah Konstitusi (MK) untuk mengawal persidangan sengketa hasil Pilpres 2019.

Ia pun menghargai Prabowo yang meminta pendukungnya untuk percaya pada jalan hukum yang ia tempuh di MK.

"Pertama saya menyampaikan apresiasi kepada bapak Prabowo Subianto yang telah menyampaikan imbauan kepada masyarakat terutama pendukung beliau untuk mempercayakan proses hukum yang sudah ditempuh oleh beliau ke MK," kata Tito di kawasan Monas, Jakarta, Kamis (13/6).

Ia pun mengatakan pihak kepolisian terus berupaya mengantisipasi untuk keadaan terburuk. Saat ini diketahui ada sekitar 17 ribu personel kepolisian yang dikerahkan. Gabungan personel dengan TNI diketahui ada sekitar 32 ribu personel.

"Polri dan TNI selalu menyiapkan worst scenario, selalu mengantisipasi worst scenario, sebagai pasukan yang ada dari Polri lebih kurang 17 ribu, termasuk yang dari daerah-daerah saya tidak pulangkan," tambahnya.

Prabowo sebelumnya meminta pendukungnya untuk percaya pada dirinya dan Sandi dalam menghadapi sengketa Pilpres yang mulai disidangkan 14 Juni mendatang.

"Saya dan Sandiaga memohon agar pendukung kami untuk tidak berbondong-bondong hadir di MK pada hari-hari mendatang," kata Prabowo dalam pernyataannya melalui video yang diterima CNNIndonesia.com, Selasa (11/6).

Dia menyebut bersama dengan Sandi yang menjadi calon wakilnya dalam Pilpres 2019 ini telah memutuskan untuk menjalani semuanya sesuai ketentuan hukum dan konstitusi. Prabowo menyebut semua langkah yang dia ambil telah dipikirkan demi kepentingan rakyat.

"Kami putuskan selesaikan semua melalui jalur hukum. Kami selalu pikirkan yang terbaik untuk rakyat," katanya.

Terpisah, Menkopolhukam Wiranto mengklaim aparat keamanan bersiaga penuh untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi saat sidang PHPU Pilpres 2019 di MK. Menurutnya, antisipasi ini dilakukan agar masyarakat di DKI Jakarta dan daerah merasa tenang.

"Saya sampaikan bahwa aparat keamanan baik Kepolisian atau TNI terus bersiaga penuh untuk menjaga berbagai kemungkinan yang mungkin dapat terjadi," ujar Wiranto di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Kamis (13/6).

Selain mengandalkan aparat, Wiranto tetap meminta masyarakat, terutama pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk tidak menggelar aksi di MK. Ia menyebut imbauan Prabowo harus dipatuhi dan ditaati oleh para pendukungnya agar keamanan terjaga selama sidang berlangsung.

Lebih lanjut, mantan Panglima ABRI ini mengklaim sangat mengapresiasi dan hormat dengan pernyataan Prabowo. Capres tersebut sempat meminta pendukungya untuk melakukan langkah positif, seperti menghormati hukum hingga menjaga perdamaian dan kerukunan.

"Bahkan kata-katanya memohon kepada para pendukungnya untuk tidak berbondong-bondong ke Mahkamah Konstitusi. Beliau minta supaya proses hukum berjalan dengan baik tanpa diganggu dengan gerakan-gerakan massa. Ini saya kira sesuatu yang sangat bagus sekali," ujarnya.

Di sisi lain, Wiranto menyampaikan kondisi politik dan keamanan menjadi dinamis pasca pemilu. Oleh karena itu, ia mengatakan langkah hukum menjadi penting dan dominan untuk mengatasi dinamika tersebut.

"Kami mengharapkan kegiatan dan langkah hukum dapat kami tingkatkan untuk dapat mengantisipasi berbagi tindakan inkonstitusional oleh pihak-pihak lain," ujar Wiranto.

Lebih lanjut, Menkopolhukam mengaku bersyukur pemilu serentak berhasil dilangsungkan dengan sukses dan aman. Ia berkata pemilu serentak yang digelar Indonesia merupakan pemilu paling besar dan terumit di dunia.

"Sukses tersebut bukan datang dari langit, tetapi ada kerjasama dari semua pihak baik penyelenggara pemilu, aparat keamanan, dan unsur lain," ujarnya. (CNNI)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
IKLAN ONLINE | REDAKSI

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com