Log in

Jokowi Sebut Romi Cocok Jadi Cawapres


Cak Imin Minta Restu Surya Paloh

Jakarta-andalas Presiden Joko Widodo ketika menghadiri acara Lokakarya Nasional Anggota DPRD dari PPP se-Indonesia di Jakarta, Selasa (15/5), menyebutkan Ketua Umum DPP PPP Romahurmuziy cocok menjadi calon wakil presiden.

Dalam acara yang berlangsung di Hotel Mercure Ancol, Jakarta itu, diputar kembali wawancara Najwa Shihab dengan Presiden Jokowi. Pada kesempatan itu, Najwa menanyakan bagaimana urusan cawapres kepada Presiden Jokowi. Najwa kemudian menunjukkan gambar Romahurmuziy atau yang akrab disapa Romi itu.

"Saya jawab spontan, tidak ada skenario, spontan aja, artinya itu keluar dari hati, betul," kata Jokowi.

Hadir dalam acara itu antara lain Mensesneg Pratikno, Menko Polhukam Wiranto, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang juga Ketua Majelis Pakar DPP PPP, dan Ketua Dewan Pertimbangan DPP PPP Suharso Monoarfa yang juga Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

 Jokowi mengulang jawaban yang disampaikan saat itu bahwa Romi merupakan sosok muda, santri, dan intelektual. Najwa kemudian bertanya terus bagaimana? "Ya cocok jadi cawapres," kata Jokowi diiringi tepuk tangan peserta lokakarya itu.

Jokowi menambahkan apa yang disampaikan Romi dalam sambutan di acara itu juga menunjukkan tingkat intelektual Romi. "Setelah tadi saya mendengar apa yang disampaikan oleh Pak Ketum PPP, saya kira apa yang disampaikan beliau tadi lebih dari satu jam, betul-betul menunjukkan intelektualitas yang sangat prima, saya harus ngomong apa adanya," katanya.
    
Minta Restu Surya Paloh

Sementara itu Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar meminta restu Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh untuk mendampingi Joko Widodo sebagai cawapres pada Pilpres 2019 saat bersilaturahmi ke Kantor DPP Partai NasDem, Jakarta, Selasa.

"Saya minta doa dan restu bang Surya untuk bisa mendampingi Pak Jokowi 2019, tentu semua bergantung Pak Jokowi lah kira-kira begitu," kata Cak Imin, sapaan Muhaimin usai melakukan pertemuan tertutup dengan Surya Paloh.

Cak Imin mengaku banyak mendapat nasihat dari Surya Paloh. Dia menilai, nasihat yang diberikan Surya Paloh sebagai senior, amat produktif.

"Sebagai senior banyak nasehat Pak Surya kepada saya. Nasehat yang sangat produktif buat langkah-langkah ke depan. Istilahnya dikasih tahu bagaimana caranya supaya sukses, nah bagaimana cara itu? Rahasia," ujar dia.

Cak Imin mengklaim Surya Paloh merespons positif kunjungan dan niatnya menjadi pendamping Jokowi. Bahkan, Surya Paloh disebut memberikan saran dan masukan terkait pencalonannya di Pemilu 2019.

Selain minta restu, Cak Imin juga mengaku membicarakan banyak hal dengan Surya Paloh. Utamanya, tentang kondisi Indonesia saat ini dan ke depan.

Sementara itu, Partai NasDem menyambut baik silaturahmi yang dilakukan Cak Imin untuk menyampaikan niatnya untuk maju sebagai calon Wakil Presiden Joko Widodo.

"Untuk Wapres Jokowi 2019 kami serahkan sepenuhnya kepada Pak Jokowi untuk memilih siapa yang akan jadi Cawapres nya. Kami akan mendukung," kata Sekjen Partai NasDem Jhonny G Plate.

Sikap itu, kata Jhonny, telah disampaikan kepada Cak Imin. Menurut dia, nantinya partai-partai pendukung akan berdiskusi bersama Jokowi membahas Cawapres setelah Pilkada serentak 2018 selesai.

Soal ambisi Muhaimin menjadi Cawapres, lanjut Jhonny, NasDem mengakui Cak Imin adalah sosok muda yang memiliki reputasi baik, sehingga layak mendapatkan kesempatan untuk mencalonkan diri di Pemilu 2019. (ANT)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

29°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 79%

Wind: 11.27 km/h

  • 22 May 2018 30°C 23°C
  • 23 May 2018 30°C 23°C

Banner 468 x 60 px