Log in

Jokowi Sanjung Amien Rais Nyapres


Jakarta—andalas Presiden Joko Widodo mengapresiasi wacana Partai Amanat Nasional (PAN) yang ingin mengusung Amien Rais maju sebagai calon presiden dalam pemilihan presiden 2019. Jokowi menyanjung Amien Rais sebagai sosok yang tidak diragukan lagi di dunia politik nasional.

"Saya kira (wacana) itu sangat bagus. Kita tahu beliau seorang tokoh politik yang tidak diragukan lagi pengalamannya, senioritas beliau dalam kancah politik nasional juga tidak diragukan lagi," ujar Jokowi di Ruang Teratai, Istana Presiden Bogor, Jawa Barat, Selasa (12/6).

"Kapabilitas serta leadership beliau juga saya kira enggak ada yang meragukannya. Rakyat enggak meragukan itu," tambah Jokowi.

Rekam jejak Amien, menurut Jokowi, juga tidak perlu diragukan. Oleh sebab itu, apabila Amien maju menjadi salah seorang kontestan di Pilpres 2019, rakyat menjadi memiliki banyak pilihan.

"Saya kira sangat bagus untuk memberikan alternatif pilihan-pilihan dalam rangka pilpres ke depan. Saya kira ini sangat bagus," ujar Jokowi.

Tak akan Tersanjung

Presiden Joko Widodo memuji senior PAN Amien Rais yang siap jadi calon presiden. Menurut PAN, Amien tidak akan tersanjung atas pujian itu.

"Bagaimana kira-kira Pak Amien mendengar pujian Presiden Jokowi? Menurut saya, Pak Amien akan biasa-biasa saja. Tidak akan tersanjung dan merasa puas. Justru akan lebih banyak mempersiapkan segala hal dalam menyongsong pilpres yang akan datang," kata Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay kepada wartawan, Selasa (12/6).

Meski begitu, PAN berharap sikap Jokowi memuji Amien diikuti para pendukungnya. Sikap tersebut diharapkan menurunkan suhu politik.

"Semestinya, sikap gentlemen Presiden Jokowi ini diikuti oleh para pendukungnya. Sikap seperti itu diharapkan dapat mengurangi suhu politik yang belakangan terkadang agak hangat. Karena itu, pernyataan Presiden Jokowi itu sudah semestinya diapresiasi," ujar Saleh.

Sementara itu mantan Kepala Staf Umum TNI Letjen (Purn) Johannes Suryo Prabowo ikut mengomentari soal Amien Rais maju di Pilpres 2019 yang akan datang. Hal itu ia sampaikan lewat akun Twitternya @marieteman yang diunggah pada Senin (11/6).

Suryo Prabowo menyebutkan kalau Amien Rais mencalonkan diri, itu sama juga dengan menghendaki petahana Joko Widodo (Jokowi) untuk menang. Selanjutnya, ia juga mengungkap bila Amien Rais maju, maka tagar #2019GantiPresiden yang sejauh ini digaungkan hanya bakal tertinggal di kaos sejumlah partai.

"bila @ProfAmienRais .....mencalonkan diri dalam Pilpres 2019 itu sama saja dengan menghendaki Pak Jokowi menjadi presiden untuk yang kedua kalinya. dan hastag #2019GantiPresiden tertinggal di kaos @PartaiPAN @PKSejahtera @Gerindra @bulanbintang." tulisnya.

Didapati, Amien Rais secara terang-terangan menyebutkan bakal turun ke gelanggang Pilpres 2019. Pernyataan itu diungkapkan oleh Amien usai berbuka puasa di Rumah Dinas Ketua Umum MPR, Zulkifli Hasan di Widya Chandra, Jakarta Selatan, Sabtu (9/6/2018).

Amien Rais terinspirasi oleh sosok Mahathir, yang meskipun usianya senja namun sukses memenangi Pemilu Malaysia. "Mbah Amien Rais ini walaupun tua juga nggak apa-apa. Begitu Mahathir jadi, saya jadi remaja lagi. Saya pun juga sedikit agak layak (maju capres 2019). (meski) sudah agak kuno," ujar Amien Rais usai berbuka puasa di Rumah Dinas Zulkifli Hasan.

Amien Rais mengatakan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad menjadi sosok perubahan visi ataupun pola pikir untuk masyarakat. Ini membuat dirinya berkemauan maju menjadi Calon Presiden 2019. "Mahatir itu jadi semacam perubahan visi orang di asia tenggara ini. Jadi saya makasih sama Mahatir ya," paparnya. (KPC/DTC/ANT/BNC)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

27°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 82%

Wind: 6.44 km/h

  • 25 Jun 2018 28°C 22°C
  • 26 Jun 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px