Log in

Jokowi: Masa Tenang Enggak Usah Aneh-Aneh


Jakarta-andalas Masa tenang kampanye Pemilu 2019 dimulai pada, Minggu (14/4). Capres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan masyarakat menggunakan masa tenang kampanye Pemilu 2019 dengan baik.

"Kalau namanya hari tenang, semuanya harus tenang. Enggak usah aneh-aneh, enggak usah ramai-ramai, tenang," kata Jokowi di Hotel Sultan Jakarta, Sabtu (13/4).

Menurut dia, masa tenang kampanye juga momentum bagi masyarakat untuk memikirkan capres cawapres pilihannya. Jokowi lalu mengajak masyarakat Indonesia untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 17 April mendatang.

"Tanggal 17 April, masyarakat rakyat berbondong-bondong menggunakan hak pilihnya. Jangan ada yang takut datang ke TPS. Gitu aja. Karena TNI polri menjamin kita semuanya," ujar dia.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman juga memberikan pesan khusus kepada pemilih memasuki masa tenang Pemilu, selama tiga hari, mulai Minggu (14/4) hingga Selasa (16/4). Pemilih diminta untuk merenung dan memantapkan hati sebelum mencoblos pada 17 April 2019.

"Pemilih ini kan sudah mengikuti Pemilu hampir satu tahun. Anda sudah tahu semuanya tinggal Anda merenung sekarang. Memantapkan hati, kira-kira siapa ya yang akan saya pilih," kata Arief di Lapangan Banteng, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (14/4).

Tak lupa, Arief mengingatkan pemilih untuk mengkaji kembali janji para calon pemimpin. Pemilih harus cermat membedakan mana janji yang rasional dan irasional.

"Kemarin dia menjanjikan apa, rasional atau tidak, baik apa tidak, ke depan sesuai dengan kebutuhan kita apa tidak. Lalu tentukan pilihan Anda," ujarnya.

Pagelaran Pileg dan Pilpres dilakukan serentak pada 17 April 2019. Khusus Pilpres, ada dua pasangan capres dan cawapres yang bertarung, yakni Prabowo Subianto- Sandiaga Uno dan Joko Widodo-Maruf Amin.

Jokowi-Maruf Amin didukung sembilan partai politik, yaitu PDIP, PPP, PKB, Golkar, Nasdem, PSI, Perindo, PKPI, dan Hanura. Sedangkan Prabowo-Sandiaga didukung PKS, PAN, Demokrat, serta Gerindra.

Saling adu gagasan dua pasangan capres dan cawapres Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga pada Pemilu 2019 telah berakhir. Pemilu 2019 memasuki masa tenang mulai Minggu (14/4) hingga pencoblosan pada 17 April 2019.

Para calon pun mengisi masa tenang Pemilu dengan melakukan sejumlah kegiatan setelah pada Sabtu 13 April 2019 malam mengikuti debat pamungkas Pilpres 2019 untuk menarik perhatian swing dan undecided voters. Lantas, apa saja kegiatan para paslon Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga dalam mengisi masa tenang?

Jokowi dan Sandiaga Umrah
Usai debat kelima Pilpres berakhir, Jokowi memilih untuk menunaikan ibadah suci umrah ke Mekkah. Mantan Gubernur DKI itu dijadwalkan kembali ke Tanah Air, Senin, 15 April 2019. Tiba di Arab Saudi, Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana memenuhi undangan Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud.

Sama seperti Jokowi, cawapres Sandiaga juga memilih menghabiskan masa tenang dengan beribadah umrah. Sandi bersama istrinya Nur Asia berangkat ke Tanah Suci, Minggu (14/4). Momen keberangkatannya sempat dibagikan melalui video di akun instagram pribadinya. Dia berpamitan dengan anak-anaknya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Menurut asisten pribadi Sandiaga, mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu meninggalkan tanah air pukul 00.15 WIB. "Anak-anak baru sampai Jakarta, orang tuanya harus pergi lagi. Belum sempat kangen-kangenan. Doakan semoga ibadah mama-papa lancar. Sampai bertemu hari Selasa nanti anak-anak perempuanku..." demikian tulis akun instagram Sandiaga.

Sementara itu, cawapres Ma'ruf Amin menggunakan masa tenang ini dengan berkumpul dengan keluarga. Dia ingin lebih banyak beristirahat di rumah bersama keluarga. "Saya berkumpul dengan keluarga. Kan sudah sekian lama kita muter kayak jarum super, jarum super itu (artinya) jarang di rumah suka pergi, jadi jarum super berapa bulan itu," jelas Ma'ruf di lokasi.

Lalu bagaimana dengan Prabowo? Capres nomor urut 02 ini mengaku masih banyak kegiatan. Salah satunya, menghadiri pernikahan anak buahnya. "Besok hadiri ada anak buah yang kawin, habis itu masih banyak acara kayak gitu," kata Prabowo usai debat di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4).

Selain itu, dia akan memanfaatkan masa tenang Pemilu 2019 untuk berolahraga. "Olahraga dong, kalau enggak, stres," ujar Prabowo. Sebelumnya, anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Fadli Zon, mengatakan, Prabowo juga akan melakukan konsolidasi dengan partai politik pendukungnya. (G/MDK/LIP6)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px