Log in

Jokowi: Hubungan Muslim Indonesia-Tiongkok Sudah Terjalin Lama


Beijing-andalas  Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke Masjid Niujie yang merupakan masjid tertua dan terbesar di Beijing, Tiongkok. Dalam kunjungan, Jokowi menyampaikan apresiasi terhadap Imam Masjid, Ketua Asosiasi Islam-Tiongkok dan tokoh muslim atas pelayanan terhadap umat muslim Indonesia yang berada di Beijing.

Jokowi didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Duta Besar Republik Indonesia untuk RRT Soegeng Rahardjo. Begitu sampai di masjid yang dibangun pada tahun 966 M itu, Jokowi langsung berwudhu dan menunaikan ibadah salat Tahiyatul Masjid.

Saat berada di lingkungan masjid, Jokowi juga berziarah ke makam dua ulama yang berperan penting dalam dakwah Islam di Beijing yakni Syaikh Ali bin al-Qadir Imaduddin Bukhari dan Syaikh al-Burthoni al-Qazwayni.

Jokowi juga menyerahkan kaligrafi surat Al-Fatihah khas Mushaf Nusantara, kopiah, dan sarung untuk mengenalkan tradisi dan kekhasan Islam Indonesia.

"Saya mengucapkan terima kasih karena umat muslim Indonesia dilayani sangat baik," ujar Jokowi dalam keterangan tertulis, Minggu (14/5).
Seusai berbincang dengan Imam Masjid Niujie, Imam Ali, Jokowi mengatakan bahwa hubungan Indonesia dengan Tiongkok sudah terjalin sejak lama.

"Ternyata hubungan dengan tiongkok dimulai pada abad 15 lalu ketika muslim Tiongkok berdagang, mendarat di Lasem, di Palembang. Sehingga hubungan antara Tiongkok dan kita itu sudah cukup lama," kata Jokowi.

Masjid Niujie dibangun pada tahun 966 M di masa Dinasti Liao (916-1125). Masjid tersebut merupakan pusat komunitas Muslim di Beijing yang jumlahnya mencapai 250 ribu jiwa.

Presiden Joko Widodo juga merasa bahagia karena umat Islam asal Indonesia di Tiongkok diperlakukan dengan baik oleh pemerintah setempat. Umat Islam yang ada di daratan Tiongkok tersebut mencapai angka 23 juta jiwa.

"Yang pertama saya sangat senang dan bahagia bahwa umat Muslim Indonesia yang berada di Tiongkok ini sangat didukung dan diberikan ruang yang sangat baik oleh pemerintah Tiongkok," ujarnya.

Dalam pertemuan tertutup dengan Presiden Asosiasi Muslim RRT Yang Faming di kompleks Masjid Niujie, Beijing, itu, Jokowi merasa terkejut setelah mendapatkan informasi banyaknya umat Islam di daratan Tiongkok dengan jumlah masjid di Beijing 70 unit dan di seluruh daratan Tiongkok sebanyak 23 ribu unit.

"Terus terang saya baru tahu dan sangat kaget karena ini jumlah yang saya kira tidak sedikit," kata Jokowi yang mengenakan jas lengkap dengan peci hitam.

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

26°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 93%

Wind: 6.44 km/h

  • 20 Nov 2017 29°C 22°C
  • 21 Nov 2017 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px