Log in

JK: SBY Selalu Ingin Perfect, Jokowi Selalu Detail


Jakarta-andalas Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menghadiri diskusi dengan relawan Jokowi Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Relawan bertanya kepada JK terkait perbedaan kepemimpinan antara Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Jokowi.

"Ini yang susah. Karena etikanya harus menghormati bos. Masing-masing punya cara pandang," kata JK dalam diskusi bertema 'Jokowi di Mata Sahabat' di Jalan Iskandarsyah, Jakarta Selatan, Kamis (21/3). JK, yang juga Ketua Dewan Pengarah TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, mengatakan sosok SBY sebagai pemimpin yang selalu ingin sempurna, sementara Jokowi sangat memperhatikan detail.

"Pak SBY selalu ingin perfect, kalau Pak Jokowi ingin selalu detailnya. Itulah kenapa Pak Jokowi sering blusukan. Saya sendiri tidak bisa mengikuti gaya itu," jelas JK.  JK sendiri terkesan oleh gaya Jokowi yang rapat hingga ratusan kali dalam setahun. Sedangkan JK mengaku dalam sehari bisa rapat lebih dari sekali. JK juga menceritakan pengalaman yang tidak terlupakan bersama Presiden Joko Widodo. Menurutnya, ada kebiasaan Jokowi yang tidak dimiliki kebanyakan orang. Jokowi tidak pernah panik jika tak membawa smartphone dan jam tangan saat keluar rumah.

"Kalau kita kan tidak bawa HP atau arloji akan berbeda rasanya. Kalau Jokowi biasa biasa saja kalau tidak bawa keduanya," kata JK saat menceritakan pengalamannya bersama Jokowi selama 4,5 tahun menjabat di hadapan para audiens relawan #Pejuangkerja Jokowi, di Kantor Hub 86, Jakarta Selatan itu.

Tidak hanya itu, Jokowi tetap bisa bergaya nonformal. Tidak seperti kepala negara pada umumnya. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut bisa mengenakan pakaian santai. "Lihat caranya pakai baju, pakai kaos, pakai di luar putih. Sepatu kets, sepatu itulah. Hahah, itu sangat informal. Saya malah enggak pernah begitu. Saya rasa pakai sepatu kets, pakai sepatu kets. Enggak apa-apa begitu," kata JK.

Jokowi selalu blusukan ingin mengetahui pandangan masyarakat. Mantan Wali Kota Solo itu hanya berkantor dua kali dalam seminggu. "Karena ingin mengetahui sebenarnya. Saya sendiri tidak bisa ikuti gaya itu, sehingga berkantor dua kali seminggu. Apa yang terjadi dan apa pandangan masyarakat," ungkap JK. (DTC/MDK)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px