Log in

Disesalkan, Eldin Tak Hadiri Panggilan PTUN


Kasus Podomoro Deli City

Medan-andalas Ketua DPC Partai Gerindra Kota Medan Bobby O Zulkarnain SE, menyesalkan sikap Wali Kota Medan Dzulmi Eldin mengabaikan panggilan sidang dari Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan terkait pembangkangan untuk mengeksekusi putusan MA Nomor 274K/TUN/2016 yang menetapkan pembatalan dan pencabutan Surat Izin Mendirikan Bangunan (SIMB) Podomoro Deli City Medan.

Padahal, seyogianya Wali Kota Medan dapat menjelaskan ke publik di sidang PTUN terkait alasan Pemko Medan tidak mengeksekusi putusan MA tersebut.

“Harusnya Wali Kota Medan dapat hadir pada panggilan itu. Wali Kota Medan harus menjelaskan alasan mereka kenapa tidak melaksanakan putusan tersebut,” ungkap Bobby kepada wartawan, Kamis (10/8).

Bobby menganggap sikap pengabaian Wali Kota Medan itu sebagai bentuk kepemimpinan layaknya koboi. Sebab, Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin diduga memimpin Kota Medan dengan mengabaikan aturan-aturan yang sudah ada.

“Kalau semua aturan dilanggar, sama saja beliau memimpin kota ini kayak koboi. Seenaknya mengeluarkan izin dan mengesampingkan aturan yang ada,” sesal Bobby.

Dikatakan Bobby, masyarakat Kota Medan membutuhkan penjelasan atas pembangunan gedung yang sudah lama menjadi sorotan warga kota tersebut.

“Sidang sudah ditunda, kita berharap Wali Kota Medan dapat bertindak sesuai aturan dengan hadir pada sidang selanjutnya. Kendati undangan tidak sampai, harusnya ada itikad baik dari Wali Kota Medan selaku bagian dari pemerintah untuk hadir secara sukarela pada sidang tersebut,” sebut Bobby.

Sebelumnya, hakim PTUN Medan yang menyidangkan perkara Sidang aanmaning atau peringatan hukum dalam hukum perdata menunda jalannya persidangan karena pihak termohon eksekusi, yakni Pemko Medan tidak hadir. Alhasil, sidang tersebut ditunda hingga Selasa (15/8) mendatang.

Kabag Hukum Setdako Medan, Sulaiman Harahap menyebutkan, ketidakhadiran Pemko Medan pada sidang tersebut karena tidak mendapat pemberitahuan. Sulaiman juga mengaku belum mengetahui bunyi putusan tersebut.

Diketahui, Mahkamah Agung (MA) mengabulkan kasasi Yayasan Citra Keadilan untuk membatalkan perizinan alias Izin Mendirikan Bangunan (IMB) pembangunan Mega Proyek Podomoro Deli City di Jalan Putri Hijau, Medan.

Kasasi tersebut sebelumnya didaftarkan ke MA pada 7 Juni 2016 lalu dengan termohon atau tergugat Wali Kota Medan dan PT Sinar Menara Deli, pengelola bangunan Podomoro Deli City. MA pada putusan 11 Agustus 2016 tidak hanya mengabulkan kasasi Yayasan Citra Keadila tapi juga membatalkan putusan PT TUN Medan. (THA)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

26°C

Medan, Sumatera Utara

Partly Cloudy

Humidity: 87%

Wind: 11.27 km/h

  • 16 Dec 2017 29°C 23°C
  • 17 Dec 2017 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px