Logo
Print this page

Banyak Mahasiswa Jalur Undangan yang DO


USU Waspadai Cuci Rapor SMA

Medan-andalas Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr H Runtung Sitepu SH MHum menegaskan, saat ini pihaknya terus mewaspadai dugaan cuci rapor siswa SMA yang akan mengikuti proses penerimaan mahasiswa baru dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau jalur undangan. Penegasan ini dikemukakan Runtung di Ruang Rapat Rektor USU, kemarin. Menurut rektor, saat ini pihaknya sedang memproses data-data calon mahasiswa tahun akademik 2019/2020.

Guna mendukung pengawasan ini, pihak USU berharap dukungan pemerintah daerah termasuk dinas pendidikan untuk mewaspadai dugaan cuci rapor untuk menaikkan nilai tersebut. Selain itu USU juga akan intens melakukan pertemuan dan pengawasan ke tiap kabupaten/kota. Mantan Dekan Fakultas Hukum USU ini bilang adanya dugaan cuci rapor karena banyak mahasiswa jalur undangan yang dimaksudkan untuk pemerataan kesempatan bagi putra daerah untuk kuliah di USU justru drop out (DO).

“Banyak mahasiswa jalur undangan yang mundur setelah tak mampu mengikuti perkuliahan. Kondisi seperti ini juga ada terjadi di perguruan tinggi lain di tanah air,” ungkap Runtung. Permasalahan DO mahasiswa ini, lanjut Rektor,  menyebabkan jatah maksimal 30 persen mahasiswa baru dari jalur undangan berkurang menjadi maksimal 20 persen saja. Atau sekitar dua ribu mahasiswa USU dari jalur undangan.

Runtung juga akan menerjunkan dosen USU yang juga menjadi tentor bimbingan belajar untuk membimbing siswa SMA berprestasi di daerah yang akan mengikuti proses seleksi menjadi calon mahasiswa USU melalui jalur undangan tersebut. "Kita akan biayai dosen ke daerah. Kita pun beri bekal pada calon mahasiswa," imbuhnya.

USU juga akan melaksanakan pertemuan dengan kepala sekolah dan guru-guru SMA di sejumlah daerah di Sumut untuk sosialisasi proses penerimaan mahasiswa baru. Ia menambahkan sebagai perguruan tinggi negeri ketujuh di Indonesia yang diresmikan Presiden Sukarno maka mahasiswa jalur undangan tidak hanya berasal dari Sumut. Bahkan USU menerima mahasiswa jalur undangan dari Papua. (HAM)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
Info Pemasangan Iklan Online

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com