Log in

30 Dubes Se-Afrika dan ASEAN Bakal ke Danau Toba


Medan-andalas Pemerintah Provinsi Sumatera Utara bersama Forum of Small Medium Economic Africa-ASEAN (FORSEAA) akan menggelar Lake Toba Forum yang akan dihadiri puluhan duta besar negara-negara Afrika dan ASEAN pada pertengahan Desember mendatang.  

Hal itu disampaikan Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi didampingi Duta Besar Seychelles untuk Indonesia Nico Barito usai menggelar Rapat Persiapan bersama kabupaten/kota di kawasan Danau Toba, di Museum Negeri Sumut, Medan, Senin (13/11). 

Lake Toba Forum direncanakan digelar setiap tahun dalam rangka membahas pengembangan usaha kecil menengah di bidang industri kecil, pariwisata dan budaya, pertanian dan pengolahan pangan dan inovasi pengetahuan dan tekonologi di negara-negara Afrika dan ASEAN.

Erry mengatakan Lake Toba Forum merupakan salah satu upaya pihaknya untuk memajukan kawasan Danau Toba. Dengan menggandeng Nico Barito, diharapkan Lake Toba Forum yang digelar sekaligus mampu mengangkat Danau Toba sebagai salah satu destinasi andalan dunia.

“Beliau pernah bertugas di PBB dan pada tahun 2005, Sumut pernah menjadi tuan rumah Lake Toba Summit, pertemuan gubernur seluruh dunia, dan beliau lah yang memprakarsai,” jelas Erry.

Sementara itu Nico Barito menjelaskan tujuan dari penyelenggaraan Lake Toba Forum untuk mengangkat Danau Toba. “Mudah-mudahan bisa digelar setiap tahun agar program tahunan bisa dievaluasi dan ada progress ke depan,” katanya.

Nico menjelaskan FORSEAA adalah sebuah organisasi antarpemerintah dengan sekretariat tetap di Jakarta. Indonesia yang dikukuhkan oleh Keputusan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil RI No 29/Kep/M.KUKN/IX/2014 tanggal 29 September 2014. Pendiri perdana adalah pemerintah Seychelles dan Indonesia dengan tujuan mengelola kelancaran dari usaha dan program kegiaan demi mewujudkan potensi ekonomi baru melalui kekuatan UKM. (WAN)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

27°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 80%

Wind: 6.44 km/h

  • 21 Nov 2017 28°C 23°C
  • 22 Nov 2017 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px