Log in

15 Gubernur Dukung Jokowi-Ma'ruf


Jakarta-andalas Sejumlah gubernur menyatakan dukungannya terhadap pasangan Joko Widodo atau Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. Selain karena berasal dari parpol pengusung Jokowi-Ma'ruf, dukungan itu juga dilandasi penilaian subjektif sang gubernur.

Uniknya, dukungan itu juga ada yang berasal dari kepala daerah usungan parpol koalisi pasangan Prabowo-Sandiaga Uno. Misalnya, dukungan dari Gubernur Lukas Enembe dan Khofifah Indar Parawansa yang dalam pilkada diusung Partai Demokrat. Sementara, Demokrat sendiri sudah memilih untuk mendukung pasangan Prabowo-Sandiaga Uno.

Di luar itu, ada pula sejumlah gubernur yang berpotensi mendukung Jokowi-Ma'ruf namun belum secara lisan menyatakan dukungan. Umumnya mereka adalah pasangan gubernur yang diusung parpol koalisi pendukung Jokowi-Ma'ruf dalam pilkada sebelumnya.

Berikut 15 gubernur yang sudah menyatakan dukungan untuk pasangan Jokowi-Ma'ruf dan gubernur lainnya yang kemungkinan besar juga akan mengambil sikap yang sama:

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil,  Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa,  Gubernur Bali Wayan Koster, Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi,  Gubernur NTT Viktor Laiskodat, Gubernur Papua Lukas Enembe, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, dan Wakil Gubernur Terpilih Maluku Utara Rivai Umar.  

Selain gubernur yang sudah memastikan dukungan, ada pula gubernur yang punya potensi untuk mendukung Jokowi-Ma'ruf, namun belum menyatakan secara lisan. Berikut gubernur yang umumnya didukung partai koalisi Jokowi-Ma'ruf, namun belum menegaskan dukungan.

Gubernur-Wagub Riau Syamsuar-Edy Nasution, Gubernur-Wagub Kepulauan Riau Muhammad Sani-Nurdin Basirun. Namun baru beberapa waktu menjabat gubernur, Muhammad Sani meninggal dunia usai menghadiri rapat di Jakarta.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah; Gubernur-Wagub Lampung Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim; Gubernur-Wagub Gorontalo Rusli Habibie-Idris Rahim; Gubernur-Wagub Maluku Murad Ismail-Barnabas Orno; Gubernur-Wagub Papua Barat Dominggus Mandacan dan Mohamad Lakotani. (G/LIP6)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 15 Nov 2018 26°C 22°C
  • 16 Nov 2018 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px