Log in

Tol Sei Rampah-Tebing Tinggi Resmi Dibuka, Digratiskan Sampai 21 April

Menteri BUMN, Rini Sumarno memberikan pada kegiatan HUT ke-21 Kementrian BUMN, di Teing Tinggi, Minggu (24/3) Menteri BUMN, Rini Sumarno memberikan pada kegiatan HUT ke-21 Kementrian BUMN, di Teing Tinggi, Minggu (24/3)

Medan-andalas Setelah menjalani uji coba saat Tahun Baru 2019 lalu, ruas Tol Tebing Tinggi-Sei Rampah akhirnya resmi dioperasionalkan mulai Senin (25/3). Masyarakat sudah bisa mempergunakan ruas tol sepanjang 9,33 Km itu.

Bagi kendaraan yang menggunakan jalan tol tersebut Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan menggratiskannya sampai 21 April 2019.

Digratiskannya tol Tebing Tinggi-Sei Rampah tersebut adalah dalam rangka menyemarakkan HUT ke-21 Kementerian BUMN yang tahun ini banyak diisi dengan berbagai program kemasyarakatan seperti santunan kepada anak yatim, pembagian sembako, dan lainnya.

"Kita menggratiskan tarif tol dari Sei Rampah ke Tebing Tinggi, juga sebaliknya mulai besok (Senin 25/3) sampai 21 April," kata Menteri BUMN Rini Sumarno saat membuka kegiatan HUT ke-21 Kementerian BUMN Berbagi di gerbang Tol Tebing Tinggi, Minggu (24/3).

Menurut Rini proses sertifikasi kelaikan Tol Sei Rampah-Tebing Tinggi dari Kementerian PUPR sudah selesai. "Jadi bertepatan dengan HUT BUMN ini kita buka aja. Besok pagi sudah bisa dipakai masyarakat," ujar Rini.

Rini mengungkapkan, ruas Tol Tebing Tinggi saat ini kondisinya memang sudah selesai. Penutupan yang dilakukan sebelumnya karena sertifikasi tol tersebut belum dikeluarkan oleh pihak Kementerian PUPR.

Dia memastikan, ruas tol tersebut sudah resmi dibuka untuk umum. "Sudah resmi, masyarakat seterusnya sudah bisa menggunakannya," tegasnya.

Dia juga menyampaikan pihaknya sangat berharap dengan adanya tol tersebut benar-benar dapat dimanfaatkan masyarakat dengan sebaiknya terutama dalam kelancaran transportasi.

Tol Sei Rampah-Tebing Tinggi sepanjang 9,33 Km merupakan bagian dari Tol Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi dengan total panjang keseluruhan 61,7 Km. Ruas Tol Kuala Namu-Sei Rampah terhubung dengan ruas Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa, di mana titik pertemuan antara dua jalan tol tersebut adalah di Tanjung Morawa.

Jalan Tol Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi sendiri merupakan bagian dari proyek nasional Tol Trans Sumatera yang terbagi dalam tujuh seksi.

Ketujuh seksi itu meliputi Seksi 1A Tanjung Morawa-Tanjung Baru, Seksi 1 Tanjung Baru-Parbarakan, Seksi 2 Kuala Namu-Kemiri-Parbarakan, Seksi 3 Parbarakan-Lubuk Pakam, Seksi 4A Lubuk Pakam-Adolina, dan Seksi 4B Adolina-Perbaungan.

Kemudian Seksi 5 Perbaungan-Teluk Mengkudu, Seksi 6 Teluk Mengkudu-Sei Rampah, Seksi 7A Sei Rampah-Sei Bamban, dan Seksi 7B Sei Bamban-Tebing Tinggi.

Sementara itu terkait kegiatan Kementerian BUMN Berbagi yang turut melibatkan Jasa Marga dan Inalum itu dirangkai dengan sejumlah kegiatan diantaranya khitanan massal, pemberian santunan anak yatim, jalan sehat, peninjauan kegiatan padat karya tunai, dan peninjauan Pasar Gambir Tebing Tinggi.

Dalam kegiatan itu, Kementerian BUMN juga memperkenalkan program LinkAja yang bekerja sama dengan empat bank BUMN. Program Kementerian BUMN Berbagi itu telah dilaksanakan sejak pertengahan Maret 2019. "Dalam perjalanan kami empat tahun ini keuntungannya membaik terus, asetnya sudah 8 ribu triliun," sebut Rini. (DA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px