Log in

TNI-Polri Solid, Jangan Diadu Domba

Pangdam I BB Mayjen TNI MS Fadillah, Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, Dandim 0201/BS Letkol Inf Yuda Rismansyah, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto, saat apel gabungan TNI-Polri di depan Kantor DPRD Sumut, Senin (24/9) pagi. Pangdam I BB Mayjen TNI MS Fadillah, Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, Dandim 0201/BS Letkol Inf Yuda Rismansyah, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto, saat apel gabungan TNI-Polri di depan Kantor DPRD Sumut, Senin (24/9) pagi.

Siap Amankan Pileg dan Pilpres 2019

Medan-andalas Ribuan personel TNI dan Polri di Sumatera Utara saat ini dalam kondisi solid dan kompak untuk menciptakan keamanan damai dan tertib di masyarakat, terutama dalam kesiapan mengamankan perhelatan akbar pesta demokrasi Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2018.

Kesolidan dan kesiapan itu ditandai dengan digelarnya apel gabungan TNI-Polri di depan Kantor DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol, Medan, Senin (24/9) pagi yang dipimpin Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadillah dan Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH.

Hadir pada apel gabungan tersebut, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, Dandim 0201/BS Letkol Inf Yuda Rismansyah, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto.

Hadir juga Pangkosek Hanudnas III diwakili As Ops Kol Jhonson, Danlantamal I  Belawan Laksma TNI Ali Triswanto, Danlanud Soewondo Kol Pnb Dirk Poltje Lengkey,  Pejabat Utama (PjU) Kodam I/BB, Irwasda Polda Sumut, PJU Polda Sumut, dan PJU Polrestabes Medan.

Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadillah mengatakan apel gabungan ini  merupakan sinergitas TNI-Polri dalam rangka mengamankan Pileg dan Pilpres 2019.

"Mari kita tunjukkan sinergitas dan soliditas untuk menciptakan keamanan damai dan tertib. Kekompakan terus tetap dijalin dari jajaran setingkat Polsek dan Koramil sampai jajaran Mabes TNI dan Mabes Polri.

Dalam amanatnya, Pangdam I/BB Mayjen MS Fadhillah mengajak personel TNI-Polri selalu bersinergi dan meningkatkan kesolidan untuk menciptakan keamanan damai dan tertib. Kemudian selalu menjaga kekompakan mulai dari jajaran setingkat Polsek dan Koramil sampai Mabes TNI dan Mabes Polri.

"Oleh karena itu mari kita bekerja sama bekerja dengan baik dan tanggung jawab sebagai jaminan keamanan bagi seluruh rakyat serta melindungi bangsa dan negara," sebutnya di hadapan personel apel gabungan.

Sementara Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto dalam amanatnya mengatakan apel gabungan ini juga diselenggarakan dengan maksud untuk mengecek kesiapan personel, sarana, dan prasarana sebelum diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan.

Kapolda meminta kepada setiap personel yang terlibat untuk dapat memahami dengan benar tugas dan fungsinya. Lakukan pengamanan dengan sebaik-baiknya dengan saling mem-back up situasi agar tidak terjadi hal-hal yang fatal selama pesta demokrasi.

"Setiap petugas yang terlibat pengamanan laporkan situasi terkini baik saat ada gangguan atau tidak kepada perwira penanggung jawab yang nantinya akan di laporkan secara berjenjang," sebutnya.

Untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif dalam menyambut Pileg dan Pilpres 2019, diperlukan sinergitas dan soliditas TNI-Polri sebagai kekuatan utama melindungi bangsa

"Apel ini merupakan simbol kepada seluruh peserta pemilu untuk tidak mencoba-coba memecah belah TNI-Polri. Ini merupakan kesiapan Kodam I/BB dan Polda Sumut untuk  mengamankan Pileg dan Pilpres 2019," tukas Kapolda.

Sementara itu Dandim 201/BS Medan Letkol Inf Yuda Rismansyah mengatakan TNI dan Polri akan selalu bersama-sama di manapun dalam setiap kegiatan.

"Kita selalu kompak dan tidak ada satu tugaspun yang tidak kita kerjakan secara bersama-sama," kata Yuda.

Dandim juga bepesan kepada masyarakat harus selalu tenang dan turut menjaga kedamaian.

"Penekanan kepada anggota agar menjaga netralitas dalam Pileg dan Pilpres. Sesuai petunjuk pimpinan kita harus kuat mental dan kepada seluruh masyarakat harus tetap tenang dan damai. Serta selalu bekerja sama satu kelompok dengan kelompok lain, membantu TNI dan Polri dalam mengamankan Pileg dan Pilpres 2019," jelas Yuda.

Senada, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto mengimbau kepada masyarakat agar selalu mematuhi aturan dan UU yang berlaku. "Seperti UU Nomor 11 Tahun 1998 tentang penyampaian pendapat, demi menjaga keamanan dan ketertiban," kata Dadang.

Dadang menambahkan, bahwa TNI dan Polri akan terus bekerja sama, bersinergi dalam hal pengamanan. Dan itu tentu diharapkan untuk mengantisipasi adanya upaya-upaya adu domba yang dilakukan pihak tertentu terhadap TNI dan Polri.

"Adu domba hanya dimanfaatkan untuk kepentingan pihak-pihak tertentu. Kita sadari dan jangan coba-coba untuk adu domba. Kami solid, karena kami sama-sama untuk menjaga persatuan dan kesatuan. Dan kami sama-sama menjaga ketertiban dan pengamanan khususnya wilayah Kota Medan," pungkas Dadang. (G/MTC)

 

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 98%

Wind: 6.44 km/h

  • 19 Nov 2018 28°C 23°C
  • 20 Nov 2018 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px