Log in

Tiga Bakal Pasangan Calon Yakin Lulus Tes Kesehatan

Tiga bapaslon Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Utara, Edy- Ijeck, JR-Ance, dan Djarot-Sihar, saat menjalani tes psikiatri di RSUPHAM, Jumat (13/1). andalas|yunan siregar Tiga bapaslon Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Utara, Edy- Ijeck, JR-Ance, dan Djarot-Sihar, saat menjalani tes psikiatri di RSUPHAM, Jumat (13/1). andalas|yunan siregar

Pilgub Sumut

Medan-andalas Tiga bakal pasangan calon (bapaslon) Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi-Musa Rajeckshah, JR Saragih-Ance Selian, dan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus mengaku optimistis lulus tes kesehatan sebagai salah satu syarat maju bertarung di Pilkada 2018.

Ketiga bapaslon sejak Kamis (11/1) hingga Jumat (12-1) harus menjalani serangkaian tes di Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUPHAM) Medan mulai dari tes kejiwaan, tes jantung dan organ vital lainnya, hingga tes narkoba.

Khusus tes narkoba, pemeriksaan dilakukan oleh tim dari Badan Narkotika Nasional (BBN) Provinsi Sumut serta disaksikan oleh pihak Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumut dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut.

Kepada wartawan yang mewawancarai usai menjalani seluruh rangkaian tes kesehatan di RSUPHAM, Jumat petang, balon Gubernur Sumut Edy didampingi pasangannya Musa Rajeckshah (Ijeck) mengatakan semua rangkaian tes kesehatan telah mereka lalui dengan lancar dan tanpa kendala.   Mantan Pangkostrad itu mengaku dalam pemeriksaan kesehatan di hari kedua ini selain menjalani serangkaian tes medis, mereka juga menjalani tes kesehatan jiwa.

"Optimis. Tapi bukan masalah lulus tidak lulus saja. Bila ada ditemukan penyakit maka akan diobati," kata balon Gubsu yang diusung Partai Gerindra, PKS, PAN, Golkar, NasDem, dan Hanura itu seraya memuji layanan RSUPHAM.

Keyakinan lulus dari tes kesehatan juga dilontarkan Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus, bapaslon gubernur-wakil gubernur yang didukung PDIP dan PPP.

"Saya sangat yakin lulus. Saya sudah empat kali ini mulai dari wali kota dua kali, DKI sekali dan sekarang di Sumut. Dan alhamdulillah kita bisa tahu progresnya seperti apa, jadi bagus," ungkap Djarot didampingi Sihar.

Demikian juga dengan JR Saragih dan Ance, bapaslon yang didukung Demokrat, PKB, dan PKPI. Keduanya mengaku tidak ada kendala apapun selama proses tes kesehatan berjalan.

"Dimulai dari pengambilan darah, pemeriksaan mata, telinga, kejiwaan, USG, dan wawancara semua sudah kita lakukan dengan sebaik-baiknya. Kalau kita biasa saja jalani sesuai prosedur. Kan kita selalu periksa kesehatan meskipun tidak jadi calon gubernur. Jadi saya cukup yakin untuk lulus," ujar JR Saragih. 

Enam Parameter

Kabid Pencegahan Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumut Tuangkus Harianja mengatakan, proses tes urine kepada tiga bapaslon berlangsung sekitar satu setengah jam dan pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan alat enam parameter.

“Enam parameter ini adalah sebuah alat tes cepat untuk memeriksa kandungan zat narkoba dalam urine/air kencing. Jadi  enam parameter itu alat yang digunakan yang bisa mendeteksi lebih enam jenis narkotika, seperti ekstasi, ganja, kokain, termasuk obat-obatan,” jelas Harianja.

Harianja mengatakan tidak ada kendala selama proses tes urine para bapaslon tersebut. Pihak Bawaslu Sumut dan KPU Sumut menjadi saksi dalam proses pemeriksaan tersebut.

“Tim dari kita ada sekitar 8 orang, besok kita lanjut lagi untuk 8 kabupaten/kota. Nanti tanggal 15 atau 16 Januari kita akan kirimkan hasil tes urine ini ke tim KPU,” katanya.

Ia juga menerangkan, proses pemeriksaan kepada tiga bapaslon dimulai dengan meminta data berupa nama, lalu diberi kode untuk disaksikan oleh saksi. Selanjutnya diambil sampel urine ketiga bapaslon.

Ketua tim pemeriksaan dr Ramlan Sitompul Sp THT KL  mengatakan, hari kedua merupakan jadwal pemeriksaan dari kondisi medis pasien, mulai dari kesehatan mata, penyakit dalam, sampai pengambilan sampel darah dan urine.

“Hari ini lebih dominan ke kesehatan ya. Kalau kemarin kan dominan ke psikologi. Nanti juga ada BNN termasuk juga akan dilakukan USG pokoknya semua bagian tubuh akan diperiksa,” jelas Ramlan.

Selain itu, dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan penyakit dalam mulai dari paru, ginjal sampai alat gerak, dan akan diakhiri dengan tes psikiatri. Tes berlangsung sampai sore hari. 

“Hasil akan kita serahkan ke KPU, dan hasil rapat pleno KPU lah yang akan menentukan lulus tidaknya pasangan calon dari tes kesehatan,” ujarnya. (YN)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 8.05 km/h

  • 23 Oct 2018 28°C 22°C
  • 24 Oct 2018 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px