Log in

Sore Ini, Kloter 01 Medan Menuju Madinah

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI H Marwan Dasopang (baju putih) memeriksa koper jemaah saat melakukan peninjauan akhir di Asrama Haji Medan, Kamis (11/7). Dalam peninjauan itu Komisi VIII kecewa pada Ketua PPIH Embarkasi Medan Iwan Zulhami yang tidak berada di Asrama Haji. andalas|yunan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI H Marwan Dasopang (baju putih) memeriksa koper jemaah saat melakukan peninjauan akhir di Asrama Haji Medan, Kamis (11/7). Dalam peninjauan itu Komisi VIII kecewa pada Ketua PPIH Embarkasi Medan Iwan Zulhami yang tidak berada di Asrama Haji. andalas|yunan

Komisi VIII Kecewa pada Ketua PPIH

Medan-andalas Hari ini, Jumat (12/7) sekira pukul 18.55 WIB sebanyak 393 jemaah calon haji (Calhaj) ditambah 5 petugas yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 01 asal Medan, berangkat dari Bandar Udara Kualanamu Deli Serdang, Sumut, menuju Madinah, Arab Saudi, untuk menunaikan ibadah haji.

Rencananya pemberangkatan kloter 1 dilepas oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi didampingi Kakanwil Kemenag Sumut H Iwan Zulhami dan pejabat lainnya di aula Madinatul Hujjah Asrama Haji Medan, Jumat sore.

Kasubag Humas Kanwil Kemenag Sumut Abdul Azim menyebutkan, jemaah asal Kota Medan berjumlah 393 termasuk 5 petugas. Jemahah tersebut, dari Pemko Medan 154 orang, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Al Mukhtar 124 orang, Pemprov Sumut 64 orang, KBIH Al Fitriyah 40 dan KBIH As Sajadah 9 orang.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang yang meninjau ke asrama haji mengatakan, proses penerimaan jemaah calon haji masih sesuai prosedur, apalagi ini kloter Medan, jemaahnya agak mandiri dan diantar langsung keluarga. Namun, kehadiran keluarga jadi hambatan tidak bisa di portal.

"Ini perjalanan sakral, duyufurrahman, tapi ada kejutan budaya tidak semua jemaah sudah melakukan perjalanan jauh, dan ada lonjakan psikologis. Jadi, butuh bimbingan seperti bagaimana ketika naik pesawat," ujarnya.

Karena itu, Marwan berharap, agar proses pelayanan jangan sampai membuat jemaah merasa lelah baik fisik dan psikologis. Sehingga jemaah merasa dilayani.

Dalam peninjauan itu, Marwan juga menyoroti persoalan pendataan saat jemaah masuk ke ruang penerimaan di Jabal Nor. Ia menginginkan agar pendataan tidak orang per orang namun diwakili satu orang saja. Hal ini untuk menghindari agar tidak terjadi penumpukan di bagian pendataan.

Marwan juga menyinggung masapah koper jemaah yang diberikan pihak Garuda Indonesia. Karena,   informasi yang diperolehnya dari jemaah yang bukan Embarkasi Medan, koper yang diberikan koyak dan pecah.

"Koper koyak itu dilapisi jaring tapikan itu tidak boleh. Apalagi kalau jemaah pulang, tasnya pasti penuh, kopernya itu bisa pecah. Saya melihat, ada kekurangan dalam kualitas kopernya," tukasnya.

Menyikapi hal itu, Marwan menegaskan, Komisi VIII akan kembali mempertanyakan masalah tersebut dengan pihak Garuda Indonesia.

Komisi VIII Kecewa

Rombongan Komisi VIII DPR RI berjumlah 12 orang merasa kecewa atas sikap Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Haji Medan yang juga Kakanwil Kemenag Sumut H Iwan Zulhami SH MAP. Pasalnya, Iwan  tak berada ditempat sewaktu anggota dewan melakukan peninjauan akhir di Asrama Haji Medan, Kamis (11/7).

Rombongan komisi VIII dipimpin Wakil Ketua H Marwan Dasopang sangat kecewa pada kinerja dan pelayanan petugas PPIH Embarkasi Medan yang kurang baik. Tidak seharusnya pejabat itu meninggalkan tempat, karena jemaah haji hari ini akan masuk asrama.

"Lantas, bagaimana Komisi VIII bisa memastikan kesiapan dan persiapan serta kelancaran  pelayanan pada semua calon haji (calhaj) sementara pimpinannya tak ada," kata politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Komisi VIII ingin melihat secara langsung beberapa tempat seperti aula penerimaan, ruang kesehatan dan aula pemberangkatan dan masih ada beberapa catatan perbaikan yang harus dibenahi oleh PPIH Asrama Haji Medan.

Dari kunjungan singkat, Komisi VIII menemukan tenda penerimaan jamaah yang terlalu besar sehingga mengganggu jalan masuk ke lokasi. Tidak ada lagi antrean pemeriksaan dokumen karena semua calhaj di satu kloter itu bisa langsung duduk di kursi masing-masing tanpa harus menunggu lama. Jika ada permasalahan di dokumen maupun barang bawaan, petugas PPIH yang akan datang ke calhaj.

Ditambahkan Marwan, semua hasil peninjauan Komisi VIII ini akan disampaikan kepada Ketua PPIH Iwan Zulhami namun yang bersangkutan tidak hadir di pertemuan ini. “Kita ingin memastikan apakah pelayanan haji di Asrama Haji Medan ini bisa menjadi embarkasi terbaik tahun ini. Jangan yang bekerja mati-matian petugas PPIH dan yang menikmati hasil Kakanwil Kemenag Sumut,” jelasnya.

Hal yang sama juga dikatakan Anggota Komisi VIII lainnya yaitu  Lukman Hakim Hasibuan “Saya akan minta Menag Lukman Hakim Saifuddin memberhentikan Kakanwil Kemenagsu Iwan Zulhami karena melecehkan anggota DPR,” tegasnya.    

Usai peninjauan rombongan Komisi VIII DPR RI selesai, Ketua PPIH Embarkasi Medan H Iwan Zulhami SH MAP muncul. Ditanya keterlambatanya hadir mengaku ada urusan. "Ya, ada urusan,” katanya. (YN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px