Logo
Print this page

Soal Tes Baca Alquran, Ikatan Dai Aceh Tagih Respons Jokowi dan Prabowo

Konfensi pers Ikatan Dai Aceh beberapa waktu lalu. Konfensi pers Ikatan Dai Aceh beberapa waktu lalu.

Jakarta-andalas Ikatan Dai Aceh (IDA) berencana menyambangi Kantor Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Kunjungan itu dalam rangka menagih respons kedua paslon capres-cawapres atas undangan resmi tes baca Alquran di Bumi Serambi Mekkah.

"Kami baru tiba dari Aceh tadi siang dan khusus datang ke Jakarta untuk silaturahmi sekaligus meminta respons langsung dari timses masing-masing paslon terkait undangan kami untuk tes baca Alquran," kata Ketua IDA Tgk Marsyuddin Ishak, dalam keterangan tertulis, Minggu (13/1).

Marsyuddin mengklaim, kunjungan untuk menagih respons Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga itu dilakukan atas desakan masyarakat Aceh terkait kepastian pelaksanaan tes baca Alquran di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.

Rencananya dia akan berkunjung ke kantor pemenangan Jokowi-Ma'ruf besok, Senin, 14 Januari pukul 10.00 WIB. Sedangkan ke posko pemenangan Prabowo-Sandiaga pukul 15.00 WIB.

"Setiap bertemu masyarakat di Aceh, kami selalu ditagih soal kepastian tes baca Alquran capres-cawapres. Mereka tanya jadi atau tidak. Kalau tidak jadi sekalipun, kami harus memberikan alasan kepada masyarakat Aceh. Karenanya kami ingin meminta respons langsung dari masing-masing timses," katanya.

Undangan tes baca Alquran kepada Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga itu sebelumnya disampaikan IDA pada 29 Desember 2018 lalu. Rencananya tes membaca Alquran akan dilaksanakan di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, pada 15 Januari mendatang.

"Kami sudah kirim undangan resmi via email dan pos ke masing-masing timses, namun kami baru mendengar kesanggupan dari TKN Jokowi-KH Ma'ruf. Itu pun baru lewat media. Sementara, BPN Prabowo-Sandi kami hubungi belum merespons. Karena itu kami mau datangi langsung," ujarnya.

Marsyuddin mengatakan tes baca Alquran untuk capres-cawapres sangat penting bagi masyarakat Aceh sebagai salah satu tolak ukur kepantasan menjadi pemimpin.

"Apalagi tes ini sudah didukung oleh Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh, dan partai pengusung masing-masing calon di Aceh," pungkas Marsyuddin.   

15 Januari Batal
Sementara itu Ikatan Dai Aceh memastikan pada 15 Januari 2019 batal menggelar tes baca Alquran untuk kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam Pemilu 2019 di Masjid Baiturrahman, Banda Aceh.

Pasalnya, kedua pasangan capres yaitu Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno terlalu padat jadwal kampanye.

“Jadi kami pastikan tidak jadi pada 15 Januari 2019. Kami menunggu jadwal terbaru. Besok, kami duduk dengan kedua tim pasangan calon presiden itu. Besok kami kabarkan lagi ke media massa,” sebut Ketua Dewan Pimpinan Ikatan Dai Aceh, Marsyuddin Ishaq yang dihubungi, Minggu (13/1).

Dia menyebutkan, Senin, timnya juga berkoordinasi dengan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh untuk menentukan format ideal tes baca Alquran tersebut. Sehingga, kedua pasangan calon presiden nyaman dengan format yang telah ditentukan.

“Besok, KIP akan memberi jawaban soal tes baca Alquran ini. Kami ketemu dengan KIP juga besok, setelah itu kami update perkembangannya ke media massa,” pungkas Marsyuddin.

Sebelumnya diberitakan, Ikatan Dai Aceh mengundang kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk mengikuti uji baca Alquran di Aceh. Menurut lembaga ini, keduanya kerap diragukan keislamanannya, sehingga lembaga ini membantu untuk membuktikan kedua pasangan calon pemimpin Indonesia itu mampu baca Alquran. (DTC/KPC)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
Info Pemasangan Iklan Online

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com