Log in

Satpol PP Banda Aceh Bongkar Kios PKL


Banda Aceh-andalas Sebanyak enam kios milik pedagang kaki lima (PKL) di depan MIN 5 Ulee Kareng, Banda Aceh, Aceh dibongkar paksa personel Satpol PP. Pembongkaran kios tersebut dilakukan karena bangunan itu berdiri di areal publik yang tidak boleh dibangun tempat usaha.

Personel Satpol PP Kota Banda Aceh membongkar satu per satu kios dan membawa material dibawa ke truk untuk diserahkan kembali ke pemiliknya. Tidak terlihat protes dari pemilik kios. Mereka dengan pasrah mengeluarkan barang-barang di dalam kios untuk dipindah ke tempat lain.

"Sebelum kita bongkar ini, kita sudah melakukan secara persuasif. Kita juga sudah surati pemiliknya tapi tidak diindahkan," kata Kabid Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Satpol PP Banda Aceh, Hardy kepada wartawan di lokasi.

Menurutnya, lokasi tempat berdirinya bangunan yang terletak di pinggir jalan ini masuk ke areal untuk akses publik. Di lokasi tersebut, sesuai aturan tidak boleh ada bangunan termasuk untuk tempat usaha. Letak kios itu juga menempel dengan pagar MIN Ulee Kareng.

"Pemilik kios yang kita bongkar ini akan kita pindahkan ke Pasar Baru Ulee Kareng yang masih kosong. Barang-barang mereka kita pindahkan ke sana," jelas Hardy.

Sementara itu, Camat Ulee Kareng, Rizal Abdillah, mengatakan, para pemilik kios ini ditempatkan di Pasar Lamgapang dan mereka gratis berjualan di sana. Meski demikian, gratis pemakaian ini tidak berlangsung selamanya.

"Selama pasar itu belum dilanjutkan proses pembangunannya, mereka gratis pakai di sana, tanpa biaya. Mungkin dalam setahun ini gratis. Barang-barang mereka sudah dibawa ke sana," ujar Rizal. (dtk)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px