Log in

Sandiaga Ajak Jokowi dan Politikus Tukar Dollar


Jakarta-andalas Bakal Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno mengimbau supaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan para penyelenggara negara lainnya segera menukarkan uang dollar Amerika Serikat ke dalam rupiah. Menurut dia cara itu bisa membantu mengatrol nilai tukar rupiah terhadap dollar AS, yang saat ini sedang melemah.

"Saya harap (gerakan tukar dollar) bisa juga diikuti Pak Presiden. Teman politisi juga pastikan, yuk tukar dollar sisa kunjungan ke luar negeri," kata Sandiaga ditemui gerai penukaran valuta asing di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (6/9).

Sandiaga memang turut menukarkan uang dollar AS miliknya ke dalam rupiah. Namun, dia mengatakan aksinya itu juga merupakan bentuk pencitraan.

"Saya melakukan secara simbolis (tukar dollar) kayaknya perlu pencitraan seperti ini, kalau politisi bilangnya kan pencitraan, ya pencitraan," ujar Sandiaga.

Sandiaga menyatakan gerakan menukar dollar olehnya ini belum berdampak terhadap nilai dollar AS. Sebab menurut dia masih banyak orang yang memilih tetap menyimpan dollar AS.

"Kemarin kurang nendang dampaknya waktu saya cuma bilang tukar. Tapi yang jelas ini simbolis menunjukkan bahwa kita bisa melakukan, berapa jumlahnya ya terserah tapi ini bentuk daripada kepedulian kita," kata Sandiaga.

Sandiaga mengklaim telah menukarkan hampir 40 persen aset miliknya yang semula disimpan dalam bentuk dollar.

"Saya tukar hampir 40 persen dari holding saya, cek saja LHKPN saya, yang jelas total holding saya yang rupiah sekarang sudah 95 persen," katanya.

Sandiaga sempat bergurau ketika menukarkan lembaran dollar AS miliknya ke dalam rupiah, di gerai penukaran valuta asing di kawasan Senayan. Sebab ketika diminta identitasnya, di dalam kolom pekerjaan kartu tanda penduduknya masih tercantum sebagai wakil gubernur.

"Wah.. Ini KTP-nya salah ini. Masa jabatannya masih Wakil Gubernur ini. Udah gitu ini masa berlakunya seumur hidup lagi. Jadi Wakil Gubernur seumur hidup.. Hahaha," kata Sandiaga sambil tertawa.

Alhasil, Sandiaga meminta kepada petugas penukaran valas supaya mengubah status pekerjaannya saat ini.  "Mas tulis mantan wakil gubernur aaja ya," katanya.     

Dia mengatakan tidak bisa membiarkan mata uang rupiah terus melemah, karena hal tersebut dapat berdampak negatif bagi perekonomian bangsa dan akan membuat rakyat semakin menderita.

"Keadaan ekonomi kita ini bisa berujung kepada pemutusan hubungan kerja, sehingga lapangan kerja semakin sulit untuk masyarakat khususnya kalangan menengah ke bawah," kata Sandiaga.

Berdasarkan laman elhkpn.kpk.go.id total harta kekayaan Sandiaga Uno mencapai angka Rp5.099.960.524.965. Catatan tersebut disahkan pada Rabu 15 Agustus 2018.    

Dalam Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN), Sandiaga mempunyai harta kekayaan berupa surat berharga sebesar Rp3,7 triliun dan US$1,3 juta, giro dan setara kas lainnya sebesar Rp12,9 miliar dan US$30,2 juta.
    
Tidak Dipolitisasi

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meminta pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS tidak dipolitisasi.

"Kita jangan main-mainkan politik untuk 'curency' (mata uang) ini karena dampaknya pada semua rakyat kecil. Kalau semua orang melakukan itu (politisasi) itu saya kira pengkhianatan pada negara," katanya di Jakarta, Kamis (6/9).

Luhut menjelaskan pemerintah telah mengupayakan sejumlah cara untuk memperbaiki kondisi ekonomi Indonesia, terutama di tengah gejolak yang tengah terjadi saat ini.

Pemerintah, lanjut mantan Menko Polhukam itu, juga mendengarkan masukan dari pasar terkait apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kondisi yang ada.

Kebijakan soal B20 yang sudah berlaku mulai September ini, katanya, diharapkan dapat mengurangi impor minyak sehingga membantu menyeimbangkan neraca perdagangan.

"Kita harus membuat seimbang antara ekspor dan impornya," katanya.

Kewajiban pemenuhan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) juga diharapkan dapat menghemat hingga 2 miliar dolar AS.

Sektor pariwisata yang terus digenjot juga diharapkan dapat menambah penerimaan negara. Begitu pula dengan penaikan tarif pajak penghasilan (PPh) impor terhadap 1.147 barang konsumsi yang diharapkan juga dapat mengatasi defisit neraca transaksi berjalan.

"Kita akan coba terus upaya ini sampai nanti rupiah bisa kembali di kisaran Rp14 ribu," katanya. Luhut juga memastikan proses pengambilan keputusan yang saat ini dilakukan pemerintah menjadi salah satu hal positif untuk memperbaiki ekonomi.

"Saya rasa sudah cukup, tinggal beritahu pasar tidak usah khawatir," pungkasnya. (CNNI/ANT)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

25°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 90%

Wind: 6.44 km/h

  • 25 Sep 2018 27°C 22°C
  • 26 Sep 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px