Log in

Ruko Terbakar, Satu Tewas Terpanggang

Petugas pemadam kebakaran saat berusaha menjinakkan kobaran api yang menghanguskan rumah tempat tinggal sekaligus toko tempat usaha di Jalan Bogor, Medan, Kamis (12/10). andalas|dedi aprizal Petugas pemadam kebakaran saat berusaha menjinakkan kobaran api yang menghanguskan rumah tempat tinggal sekaligus toko tempat usaha di Jalan Bogor, Medan, Kamis (12/10). andalas|dedi aprizal

Medan-andalas Satu keluarga terdiri dari ayah dan dua anaknya terjebak dalam kobaran api yang menghanguskan toko sekaligus rumah tempat tinggal mereka di Jalan Bogor, No 36, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Medan Kota, Medan, Kamis (12/10).

Tragis, nyawa sang ayah, Soelaiman Soedidjo (54) tak dapat diselamatkan. Korban yang terjebak di salah satu kamar ruko tersebut tewas terpanggang.

Sementara dua anaknya, Albert Einstein (26) dan Alfred Nobel (19) berhasil dievakuasi petugas pemadam kebaran dari dalam gedung yang terbakar. Namun kondisi keduanya kritis karena mengalami luka bakar cukup parah di sekujur tubuhnya. Kapolsek Medan Kota Kompol Martuasah Tobing di lokasi kejadian menyebutkan, saat kebakaran terjadi ketiga korban terjebak di dalam ruko.

"Keterangan sejumlah saksi yang merupakan warga sekitar lokasi,  kobaran api pertama kali terlihat di lantai dua gedung yang ada tempat sembahyang dan biasanya dipakai untuk membakar dupa," sebut Martuasah. 

Kata dia, warga sempat panik karena api dengan cepat membesar hingga warga berusaha memadamkannya. Beberapa diantaranya bahkan sempat berusaha memberi tahu penghuni yang masih berada di dalam bangunan. 

Namun kobaran api malah semakin membesar hingga merembet ke lantai tiga bangunan diduga karena banyaknya bahan material di dalam gedung yang mudah terbakar hingga membuat ketiga korban terjebak di dalam gedung.  Upaya penyelamatan baru bisa dilakukan setelah petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian beberapa saat kemudian.

Setelah berjibaku memadamkan titik api yang berkobar, patugas pemadam kebakaran akhirnya berhasil mengevakuasi dua orang penghuni yang terjebak, yakni Albert Einstein Soedhojo dan Alfred Nobel Soedhojo.

Sementara Soelaman Soedhojo tak berhasil diselamatkan. Korban tewas terpanggang setelah terkunci di salah satu kamar karena tertidur pulas saat api membesar.

Martuasah menduga kebakaran disebabkan oleh sisa api dari pembakaran dupa di tempat sembahyang yang berada di lantai dua bangunan.

"Tapi masih kita dalami lagi penyebab pastinya dengan bantuan tim labfor," katanya.

"Para korban sudah berhasil dievakuasi petugas damkar dari lokasi kebakaran, satu meninggal dunia. Sedangkan dua korban lainnya mengalami luka bakar dan saat ini dirawat di Rumah Sakit Deli Jalan Merbau, Medan," pungkasnya.

Menurut keterangan Huddin P Hasibuan petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Medan di lokasi, ruko yang juga dijadikan tempat usaha penjualan cat tersebut dihuni satu keluarga yang terdiri dari empat orang. Istri Soelaiman Soedidjo, yakni Yuni Kosasih Hu berhasil menyelamatkan diri dari kebakaran itu.

Sementara Kepala Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran Kota Medan Marihot Tampubolon mengatakan, untuk memadamkan api yang membakar ruko tiga lantai tersebut, pihaknya menurunkan 16 unit mobil pemadam kebakaran.

Petugas berhasil memadamkan api sekitar tiga jam sejak tiba di lokasi. Dirinya mengaku pihaknya sempat kewalahan memadamkan api karena banyaknya bahan mudah terbakar di ruko tersebut.

"Sempat ada beberapa ledakan terdengar. Penyebab kebakaran belum bisa kita pastikan dan itu tentunya wewenang kepolisian," katanya. (DA)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Mostly Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 19 Oct 2017 31°C 23°C
  • 20 Oct 2017 31°C 23°C

Banner 468 x 60 px