Log in

Ribuan Warga Gayo Lues Saksikan Bupatinya Main Debus

Bupati Gayo Lues HM Amru saat tangannya dibor oleh pemain debus pada acara memeriahkan pembukaan TMMD ke-102. Bupati Gayo Lues HM Amru saat tangannya dibor oleh pemain debus pada acara memeriahkan pembukaan TMMD ke-102.

Ribuan warga Kabupaten Gayo Lues yang datang dari berbagai kecamatan berdesak-desakan di Lapangan SMPN 1 Kutapanjang, Selasa (10/7), untuk menyaksikan bupati mereka, HM Amru, ikut bermain debus.

Atraksi permainan berbahaya itu diawali dengan penampilan grup debus dari Desa Kutelintang yang sengaja diundang Dandim 0113/GL Letkol Inf M Faisal Nasution untuk memeriahkan pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 di Desa Tampeng.

Setelah beberapa menit menampilkan atraksi memainkan senjata tajam itu dimulai, Bupati Gayo Lues M Amru didampingi Dandim masuk ke dalam lapangan sembari memegang senjata tajam. Lalu keduanya tampak seperti menari mengikuti irama sembari memainkan senjata tajam tersebut.

Tepuk tangan meriah penonton pun pecah menyambut kepiawaian keduanya bermain debus. Penonton bahkan terus berteriak menyemangati keduanya.

Lalu, Bupati M Amru kembali meminta kepada pemain debus yang sedang mengebor badannya agar mengebor telapak tangannya. Merasa tidak apa-apa dengan alat pengebor kayu itu, Bupati lagi-lagi meminta pemain debus mengebor perutnya sembari membuka sedikit celah bajunya.

Namun rupanya aksi demi aksi berbahaya yang dilakukan Amru itu membuat ajudan, Pamtut, dan sejumlah pejabat lainnya cemas. Mereka lalu meminta agar Bupati menghentikan aksi-aksi berbahayanya itu. Mereka  takut terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terhadap sang bupati. Lalu mereka pun membawa Bupati kembali ke tempat duduknya semula bersama Dandim.

"Ayo Pak Bupati, mainkan lagi," teriak warga yang berdesak-desakan menyaksikan permainan debus itu sembari mengelilingi puluhan orang pemain di lapangan yang disusun melingkar guna menghibur warga tersebut.

Memainkan debus memang hal yang lumrah dilakukan warga Gayo Lues saat acara-acara adat. Biasanya pemain debus adalah orang yang memiliki ilmu kebal yang tidak mempan ditusuk dengan pedang atau sejenis besi tajam lainnya. Namun aksi debus tidak diperbolehkan ditiru oleh anak-anak di rumah atau selain di tempat main debus. (NUAR)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

25°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 87%

Wind: 0.00 km/h

  • 22 Sep 2018 27°C 22°C
  • 23 Sep 2018 30°C 21°C

Banner 468 x 60 px