Log in

Ratusan Mobil Baru Pakai 'BK Palsu'

Mobil-mobil baru berbagai mereka saat diturunkan dari KM Serasi V, di dermaga Pelabuhan Belawan, Minggu (10/6). andalas|ist Mobil-mobil baru berbagai mereka saat diturunkan dari KM Serasi V, di dermaga Pelabuhan Belawan, Minggu (10/6). andalas|ist

Kapolda: Ada 11 Unit yang Kita Tangkap

Belawan-andalas Petugas kepolisian berhasil mengamankan 11 dari ratusan unit mobil baru yang kedapatan menggunakan tanda nomor kendaraan bermotor (TNBK) atau plat palsu.

Mobil-mobil baru berbagai merek itu baru diturunkan dari muatan Kapal Motor (KM) Serasi-V yang melakukan bongkar muat barang di Dermaga Terminal Khusus Mobil (Car Terminal) Pelabuhan Belawan, Minggu (10/6).

Dari Car Terminal Pelabuhan Belawan, mobil-mobil itu selanjutnya dibawa ke salah satu gudang penyimpanan di kawasan Medan Marelan. Namun untuk mengelabui masyarakat dan petugas kepolisian, pengiriman mobil-mobil itu ke gudang di Medan Marelan dilakukan pada Minggu tengah malam hingga Senin (11/6) dini hari dan dipasang TNBK palsu alias 'BK palsu.'

Dari informasi dihimpun wartawan, KM Serasi-V membawa 681 unit mobil baru berbagai merek dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, ke Pelabuhan Belawan. Mobil-mobil baru itu setelah dari gudang di Medan Marelan, rencananya akan didistribusikan ke berbagai daerah di Sumatera.

Informasi tentang adanya ratusan mobil baru yang 'mencurigakan' di Pelabuhan Belawan, ternyata sampai juga ke telingan Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw.

Kapolda langsung meresponnya dengan memerintahkan jajarannya untuk malam itu juga segera bergerak melakukan razia di sejumlah ruas jalan dan mengecek ke Pelabuhan Belawan.

Pantauan wartawan, sepasukan Polantas melakukan razia di pintu keluar Tol Belmera Amplas. Karena sebelumnya tersiar kabar mobil-mobil baru itu akan dilansir ke salah satu showroom di Jalan Sisingamangaraja, Amplas, dan di kawasan Jalan Adam Malik, Glugur.

Direktur Lalu Lintas Polda Sumut Kombes Agus Susanto juga  diperintahkan Kapolda untuk melakukan pengecekan langsung ke Pelabuhan Belawan.

Di sana, Agus Susanto terlebih dahulu menyambangi salah satu Pos Pelayanan Polres Pelabuhan Belawan di Terminal Bandar Deli‎. Kedatangannya dengan berpakaian biasa adalah untuk mempertanyakan seputar adanya mobil-mobil baru yang melintas di jalanan menggunakan plat palsu seperti yang diinformasikan wartawan kepada Kapolda.

Selama setengah jam, Agus bersama ajudannya melakukan pengecekan sambil mencari informasi. Namun entah bagaimana, begitu orang nomor satu di Direktorat Lalu Lantas Polda Sumut ini pergi, ratusan unit mobil lainnya keluar dari Pelabuhan Belawan melintas bebas di jalanan dengan menggunakan TNBK palsu.

Hanya saja, jika sebelumnya mobil-mobil itu diinformasikan hendak dibawa ke kawasan Jalan Sisingamangaraja dan Jalan Adam Malik, justru berbalik arah dan digiring ke kawasan Medan Marelan.

Informasi yang dihimpun wartawan di Pelabuhan Belawan sekitar pukul 24.00 WIB, ratusan unit mobil baru berbagai merek itu melintas di Jalan Komodor Laut Yos Sudarso untuk diantar ke sebuah gudang di kawasan Medan Marelan.

Anehnya mobil-mobil baru itu hampir semua di plat nopol kendaraannya tertulis dua angka di depannya bernomor 14 berseri SQ atau BK 14xx SQ. Mobil-mobil itu tampak bebas melintas tanpa pengawalan. Mobil-mobil bahkan melaju di jalanan dengan kecepatan tinggi.

Informasi dari sumber di Pelabuhan Belawan, proses pengiriman mobil baru ke Pelabuhan Belawan menggunakan plat palsu hampir berlangsung setiap bulan. Dirlantas Polda Sumut Kombes Agus Susanto saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (10/6) membenarkan informasi tentang pelanggaran yang dilakukan dalam proses pengiriman mobil-mobil baru ini.
    "Sudah kita tindak. Sedikitnya ada 11 unit mobil berplat palsu berhasil kita boyong ke komando. Ini sudah ditilang sesuai pelanggarannya. Pemilik sampai saat ini belum datang. Masalahnya akan terus saya proses sesuai hukum yang berlaku," tegasnya.
    Sementara itu, Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw senada
mengatakan, pihaknya sudah menangkap mobil-mobil berplat palsu tersebut.
    "Sudah ditangkap. Iya, begitu diinformasikan langsung kita bergerak. Sedikitnya ada 11 unit yang ditangkap. Sedangkan untuk unit yang lainnya masih kita kembangkan terus," ucap Kapoldasu kepada wartawan. (DP).

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

27°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 82%

Wind: 6.44 km/h

  • 25 Jun 2018 28°C 22°C
  • 26 Jun 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px