Log in

Puluhan Warga Blokir Area Proyek Tol di Labuhan Deli

Pendemo membentangkan spanduk berisi tuntutan kepada pihak pelaksana proyek pembangunan Tol Medan- Binjai mengganti rugi bangunan mereka yang terkena penggusuran. andalas|desrin pasaribu Pendemo membentangkan spanduk berisi tuntutan kepada pihak pelaksana proyek pembangunan Tol Medan- Binjai mengganti rugi bangunan mereka yang terkena penggusuran. andalas|desrin pasaribu

Tuntut Ganti Rugi Penggusuran Bangunan

Puluhan warga penggarap di kawasan Pasar 7, Desa Manunggal, Kecamatan Labuhan Deli, Deli Serdang, memblokir area keluar-masuk truk pengangkut tanah timbun untuk proyek pembangunan Tol Medan-Binjai, Senin (13/11).

Aksi pemblokiran itu mereka lakukan untuk menuntut pembayaran ganti rugi atas bangunan gubuk tempat tinggal mereka yang terkena penggusuran untuk proyek pembangunan tol tersebut.

Menurut Koordinator Aksi Nelli boru Manik didampingi Nolong Peranginangin, Abidin dari pihak kontraktor Tol Medan-Binjai pernah menjanjikan bahwa 38 bangunan gubuk mereka yang terkena penggusuran diberikan ganti rugi sebesar Rp500 ribu per unit.

"Tapi hingga rumah kami sudah dirobohkan, pihak kontraktor tidak kunjung memberikan ganti-rugi, makanya kami memblokir pintu keluar-masuk truk pengangkut material untuk pembangunan jalan tol ini," kata Nelli.

Tidak cuma bangunan gubuk mereka yang dirobohkan, bahkan tanaman yang mereka tanam di atas lahan yang selama ini mereka garap, juga terkena imbas dari pembangunan tol tersebut.

"Kami bukannya menolak pembangunan jalan tol ini, tapi hak rakyat yang telah bersusah payah mencari hidup di lokasi ini tolonglah dihargai,"  tambah Nelli.

"Tanaman yang ada di atas lahan kami, kami ikhlaskan untuk tidak diganti-rugi. Tapi bangunannya maunya diganti lah. Soalnya kami kan membangunnya pake uang. Mereka berjanji akan mengganti rugi bangunan yang kami bangun," ujar pendemo lainnya yang didominasi ibu-ibu rumah tangga itu.

Hingga Senin petang para pendemo yang bernaung dalam Kelompok Tani Sinar Jaya itu masih bertahan di lokasi aksi. Sejumlah truk pengangkut material untuk pembangunan Tol Medan-Binjai sempat terhambat masuk ke areal proyek.

"Kami akan terus melakukan aksi sampai ganti-rugi diselesaikan pihak pemborong jalan tol ini," ucap Nelli. Aksi tersebut berlangsung kondusif dengan pengawalan sejumlah aparat kepolisian dan TNI yang turun ke lokasi. (DP)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

27°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 80%

Wind: 6.44 km/h

  • 21 Nov 2017 28°C 23°C
  • 22 Nov 2017 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px