Log in
Wakapolda-SUMUT-v2.jpg

Polres Karo Gulung Komplotan Penggelapan Mobil Rental Antar Provinsi

   Kasat Reskrim AKP Sastrawan Tarigan (baju kaos merah) diabadikan bersama pelaku penggelapan mobil rental antar provinsi digulung Polres Tanah Karo. Andalas/ist Kasat Reskrim AKP Sastrawan Tarigan (baju kaos merah) diabadikan bersama pelaku penggelapan mobil rental antar provinsi digulung Polres Tanah Karo. Andalas/ist

Kabanjahe-andalas Masa pandemi Covid-19, kinerja Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Tanah Karo terus gencar memburu pelaku tindak kejahatan di wilayah hukumnya patut diacungi jempol. Setelah sebelumnya melibas pelaku curanmor, kali ini kembali berhasil mengungkap kasus pengelapan mobil rental dari Kabupaten Aceh Tenggara (NAD).

Kapolres Tanah Karo, AKBP Yustinus Setyo, Sabtu sore (30/5) di Kabanjahe, menjawab andalas, menjelaskan, pihaknya melakukan peningkatan kegiatan operasional rutin dengan melibatkan seluruh fungsi kepolisian yang ada secara komprehensif untuk menekan kejahatan di wilayah hukum Polres Tanah Karo, baik yang bersifat preemtif, preventif maupun represif dan melakukan tindakan yang tegas sesuai peraturan perundangan yg berlaku, jelasnya.

Langkah preemtifnya, polisi mengimbau masyarakat supaya ikut berpartisipasi menjaga lingkungannya di masa pandemi Covid-19 ini. Kemudian masyarakat diimbau kalau pergi ke luar jangan sendirian, minimal berdua dan tidak membawa barang-barang yang bisa memancing tindak kejahatan. "Terakhir, kami kepolisian akan menindak tegas dan terukur bagi para pelaku-pelaku yang coba meresahkan masyarakat," kata Kapolres.

Dia juga meminta seluruh masyarakat hendaknya tetap waspada baik dalam menghadapi pandemi corona (patuhi protokol kesehatan) maupun dalam mengamankan diri dari kejahatan antara lain, amankan aset, laporkan kepada petugas apabila ada hal-hal yang mencurigakan, bangun security defends di lingkungan tinggal masing masing dan selalu bersinergi dengan tiga pilar, tuturnya.

Sementara terpisah, Kasat Reskrim AKP Sastrawan Tarigan, Sabtu (30/5) sekira pukul 12:30 Wib di halaman Mapolres seusai gelar pres rellis, mengaku pengungkapan kasus penggelapan mobil rental itu berawal dari kejelian Katim Opsnal Aiptu Sejahtera Sinulinga berserta anggota Aipda Juna Tarigan, Aipda Martin Ginting, Aipda Esra Sinuraya dan Bripka Benny Sianturi

AKP Sastrawan Tarigan lebih jauh mengatakan, setelah diamankan 2 unit mobil rental Avanza BK 1228 MV dan Kijang Inova BK 1049 AAH yang dirental oleh pelaku bernama Nando Tambunan dari Kotacane, kemudian diteruskan ke Polsek Babbul Makmur naungan Polres Agara Provinsi Nanggroe Aceh Darusalam (NAD).

Seterusnya, sambung Sastrawan Tarigan, korban P Sihombing dianjurkan membuat laporan ke Polsek Babbul Makmur. Berkat dari laporan tersebut, sehingga pihak Polsek Babbul Makmur bekerja sama dengan Polres Karo melakukan pengembangan, dan berhasil lagi mengamankan 1 Unit Mobil Avanza Nopol BL 1232 HC.

Karena itu, setelah kita rampungkan perkara, pelaku dan barang bukti diserahkan langsung kepada Kapolsek Babbul Makmur untuk membuat surat berita acara serah terima untuk penyidikan lebih lanjut. “Setelah dibuat berita serah terima, pelaku maupun barang bukti diserahkan kepada pihak Polsek Babbul Makmur, karena laporan korban di wilayah hukum mereka,” beber mantan Kasat Narkoba AKP Sastrawan Tarigan. (RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C