Log in

Polisi Tembak Mati Pengedar Narkoba

Kapoldasu Irjen Pol Martuani Sormin saat memaparkan penembakan bandar narkoba, Jumat (21/2) di Mapolres Pelabuhan Belawan. Kapoldasu Irjen Pol Martuani Sormin saat memaparkan penembakan bandar narkoba, Jumat (21/2) di Mapolres Pelabuhan Belawan.

Belawan-andalas Satu dari dua pengedar narkoba terpaksa ditembak mati petugas Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polres Pelabuhan Belawan di Jalan Marelan V Pasar 2 Barat Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Jumat (21/2) sekira pukul 02:00.

Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu) Irjen Pol Martuani Sormin mengatakan, tersangka UW alias Untung (40), warga Jalan Marelan XII Kelurahan Tanah 600, Kecamatan Medan Marelan, sempat dilarikan ke Rumah Sakit Bhayangkara Medan, namun dalam perjalanan UW menghembuskan nafas terakhirnya.

Sedangkan tersangka MMA (16) yang masih berstatus pelajar, warga Jalan Marelan Pasar 2 Barat, Kelurahan Rengas Pulau Kecamatan Medan Marelan, kini meringkuk dalam sel Sat Res Narkoba Polres Pelabuhan Belawan.

Martuani Sormin menegaskan, pihaknya tetap komit memberantas peredaran narkoba, aksi tindak kriminal jalanan, pencurian kekerasan dan pemalsuan dokumen negara.

“Para pengedar narkoba dan tindak kriminal lainnya yang melawan atau menyerang petugas akan diberi tindakan tegas dan terukur,” tegas Kapoldasu saat memaparkan sejumlah kasus tangkapan Polres Pelabuhan Belawan, Jumat (21/2) di Mako Polres Pelabuhan Belawan.

Kapoldasu menyebutkan, narkoba merupakan musuh bersama dan semua pihak wajib ikut bersama memberantasnya. 1 Kg sabu-sabu yang ditangkap sama artinya dengan menyelamatkan 10.000 anak bangsa dari bahaya Narkoba. “Pengedar dan bandar Narkoba harus diberi tindakan tegas,” tegas Kapoldasu.

Kapolda mengungkapkan, dari tersangka UW alias Untung yang ditembak mati, polisi menyita 1 kg sabu-sabu, 2 unit handphone dan uang tunai Rp 900.000 sebagai barang bukti.

Martuani Sormin menyebutkan, penangkapan berawal dari adanya informasi dari warga bahwa kedua pengedar narkoba tersebut baru saja mengambil 1 kilogram sabu-sabu dari seorang bandar narkoba berinisial Jun alias Ade Botak dan akan pulang ke rumahnya di Jalan Marelan XII dengan mengendarai sepedamotor.

“Berbekal informasi tersebut, Kasat Res Narkoba Polres Pelabuhan Belawan AKP Juriadi Sembiring melakukan pengintaian dan melacak keberadaan tersangka,” ujar Kapoldasu.

Saat tersangka melintas di Jalan Marelan V, tambah Kapoldasu, tersangka UW dan MMA langsung dicegat. Petugas pun menyuruh tersangka UW untuk membuka bagasi sepedamotornya.

Ternyata, di dalam bagasi sepedamotornya itu, petugas menemukan plastik berwarna kuning berisikan 1 Kg sabu-sabu.

“Saat diinterogasi, tersangka UW mengaku bahwa sabu-sabu tersebut diperolehnya dari bandar besar narkoba berinisial Jun alias Ade Botak. Selanjutnya, petugas mengajak tersangka UW untuk mencari keberadaan bandar Narkoba berinisial Jun alias Ade Botak,” rinci Kapoldasu.

Di perjalanan mencari keberadaan Jun alias Ade Botak, tersangka UW menendang seorang petugas di dalam mobil dan berusaha melompat dari dalam mobil sehingga petugas terpaksa menembaknya hingga tersangka UW roboh dan terkapar.

Selanjutnya, petugas memboyong UW ke Rumah Sakit Bhayangkara Medan namun dalam perjalanan menuju rumah sakit, tersangka UW meninggal dunia.

Selain memaparkan dua pengedar Narkoba, Kapoldasu juga memaparkan sejumlah pelaku perampokan yang ditembak petugas dan dua pelaku pemalsuan surat tanda nomor kendaraan (STNK). (WI/DOH)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px