Log in

Pilgubsu 2018, KPU Targetkan Partisipasi Pemilih 95 Persen

Ilustrasi Ilustrasi

Medan-andalas Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumatera Utara menargetkan partisipasi pemilih di Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2018 mencapai 95 persen.

Komisioner KPUD Sumut Iskandar Zulkarnain mengatakan target itu merupakan arahan dan persentase yang ditetapkan KPU RI. Meski diakui target tersebut sangat tinggi, KPUD Sumut optimis dapat mencapainya dengan dukungan semua pihak.

Untuk mencapai target tersebut KPUD Sumut megharapkan dukungan dari kalangan pers untuk terus menyosialisasikan dan memberitakan berbagai informasi mengenai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumut.

“Jurnalis dengan medianya harus mampu melakukan sosialisasi dengan pemberitaan-pemberitaan yang dapat memberi pendidikan politik kepada masyarakat," kata Zulkarnain saat temu ramah dengan kalangan pers di Medan, Selasa (14/11).

Meski diakui persentase partisipasi pemilih Pilgubsu kali ini sangat tinggi, KPUD Sumut menurutnya optimis dengan dukungan seluruh pihak, dapat mencapai target tersebut.

Menurut dia, partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilih dalam Pilgubsu Sumut dapat ditingkatkan jika didukung dengan sosialisasi yang maksimal.

Sebagai pihak yang menyajikan informasi, kalangan pers diharapkan dapat ikut membangun kesadaran politik masyarakat dalam menentukan kepemimpinan dan pembangunan di Sumut.

Selain membantu sosialisasi, pihaknya mengharapkan kalangan pers tidak mengembangkan berita yang dapat mengurangi minat masyarakat dalam menggunakan hak pilih.

"Jangan membuat masyarakat menjadi apatis,” harap Zulkarnain yang dalam temu ramah itu didampingi Komisioner KPUD Sumut lainnya Yulhasni dan Sekretaris KPUD Sumut Abdul Rajab Pasaribu.

Apalagi Sumut juga menyelengarakan pilkada serentak di delapan daerah yakni Langkat, Dairi, Deli Serdang, Batu Bara, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Tapanuli Utara, dan Padangsidimpuan.

Dia menjelaskan tahapan Pilgubsu telah dimulai sejak September 2017 yang ditandai dengan launching maskot dan jingle Pilgubsu 2018.

KPUD Sumut juga telah menandatangani Naskah Perjanjian Kerja Sama Daerah (NPHD) sebesar Rp850 miliar dengan Pemprovsu. Tahap pembayarannya terbagi menjadi dua termin. Yakni Rp352 miliar ditampung pada APBD Sumut 2017 dan sisanya pada APBD Sumut 2018.

Rincian total dana tersebut terdiri atas beberapa item. Yaitu untuk tahap persiapan dan perencanaan senilai lebih dari Rp296 miliar, untuk operasional dan administrasi perkantoran Rp196 miliar. Kemudian untuk honorarium kelompok kerja dan pemilihan senilai Rp33 miliar serta untuk honorarium penyelenggara pemilihan senilai Rp327 miliar.   

Sebagian dana itu juga digunakan untuk pembentukan badan ad hoc mulai dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), hingga Kelompok Penyelenggaraan Pemungutan Suara (KPPS).

Pemprovsu Utara juga mengucurkan dana untuk Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut sekitar Rp300 miliar dan TNI-Polri sekitar Rp300 miliar sehingga secara keseluruhan, Pemprovsu telah menganggarkan dana mencapai Rp1,4 triliun untuk pelaksanaan Pilgubsu 2018.

Siapkan Rp1 Miliar     
Zulkarnain juga mengungkpkan khusus untuk dana pemeriksaan kesehatan serta penetapan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara periode 2018-2023, KPUD Sumut menyiapkan anggaran sebesar Rp1 miliar.

"Anggaran Rp1 miliar itu direncanakan untuk sepuluh pasangan bakal calon. Meski sampai sekarang, kita belum tahu berapa calonnya. Apakah hanya ada satu pasangan calon, dua atau tiga. Tapi antisipasi sehingga menyediakan anggaran sebesar itu," jelasnya.

Dia memastikan, penggunaan anggaran itu akan disesuaikan dengan jumlah pasangan balon pendaftar. Bila tidak habis terpakai, maka anggarannya dikembalikan.

"Kalau nanti yang daftar tak sampai sepuluh, nanti sesuai aturan perundang-undangan dana itu kita kembalikan ke Pemprov Sumut," jelasnya. (THA)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

24°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 98%

Wind: 6.44 km/h

  • 21 Nov 2017 28°C 22°C
  • 22 Nov 2017 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px