Log in

Pil KB Palsu Beredar, BBPOM Ingatkan Apotek

Kepala BBPOM di Medan Yulius Sacramento saat memaparkan pengamanan obat palsu, Rabu (14/3/2018) lalu di Kantor BBPOM Medan, Jalan Willem Iskandar, Medan Estate. foto|yunan siregar Kepala BBPOM di Medan Yulius Sacramento saat memaparkan pengamanan obat palsu, Rabu (14/3/2018) lalu di Kantor BBPOM Medan, Jalan Willem Iskandar, Medan Estate. foto|yunan siregar

Medan-andalas Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di Medan, belum lama ini  mengamankan sejumlah obat palsu yang kedapatan beredar di berbagai daerag di Sumatera Utara (Sumut) termasuk salah satunya pil KB (Mycroginon).

Kepala BBPOM di Medan Yulius Sacramento Tarigan mengingatkan kepada semua apotek agar selalu memeroleh jenis obat apapun untuk dijual kepada masyarakat hanya yang berasal dari sumber resmi.

"Kita curiga saat ini masih ada (obat palsu beredar). Karena peredarannya kan sudah berbulan," katanya kepada wartawan, Selasa (20/3) di Medan.

Pihaknya, lanjut Sacramento, masih terus mendalami peredaran pil KB palsu bahkan hingga ke tingkat nasional. Hal ini untuk mengetahui secara pasti siapa dalang di balik peredarannya.

"Tersangkanya juga bila tidak kooperatif akan kita maksimalkan ancamannya. Kita masih terus mendalami kasusnya," tegasnya.

Menurut Sacramento, kalaupun obat diperoleh dari sumber yang resmi, itupun masih ada kemungkinan disusupi obat palsu beberapa unit ataupun dengan modus bonus tambahan obat. Apalagi bila apotek memeroleh obat dari sumber yang tidak resmi, maka akan sulit dipertanggungjawabkan kebenaran obatnya.

"Karenanya, kalau memang bukan dia tokohnya atau pelakunya tapi terlibat, walaupun katanya tidak tahu maka harus tetap kita tindak," tegasnya kembali.

Sacramento meminta apotek jangan pernah mau mengorder atau menerima tawaran obat dari pihak yang bukan distributor resmi. Karena itu sudah dapat dipastikan, kalau bukan semua, ada sedikit obat palsu yang disusupkan oleh oknum yang ingin mencari keuntungan dengan cara ilegal.

"Selain itu, konsumen juga harus membeli obat ke tempat yang sah. Kemudian komunikasikan dengan penanggung jawab apoteknya," imbaunya.

Terpisah, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Medan Edwin Effendi memastikan jika pil KB yang dimiliki pemerintah merupakan obat yang asli. Sebab, dalam mendistribusikan obat ke masyarakat, pemerintah memerolehnya dari jalur yang resmi.

Untuk itu, sambung Edwin, bila masyarakat ingin menjalankan program Kelurag Berencana (KB), diimbau agar berkonsultasi dengan sarana pelayanan kesehatan yang resmi. Selain itu masyarakat agar jangan sembarangan membeli obat KB .

"Yang ada palsu itu kan yang beredar di pasaran. Kalau punya pemerintah sudah dipastikan pil KB-nya asli. Karenanya untuk KB pastikan memperoleh obat dari tempat yang resmi, misalnya di sarana pelayanan yang sah seperti Puskesmas," ujarnya. (YN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px