Log in

Peridoe Kedua, Jokowi Siap Hajar Pungli!

Presiden terpilih RI Jokowi saat menyampaikan pidato Visi Indonesia di SICC Bogor, Jawa Barat, Minggu (14/7) malam. Jokowi hadir bersama Ibu Iriana Jokowi dan Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin serta istrinya. Presiden terpilih RI Jokowi saat menyampaikan pidato Visi Indonesia di SICC Bogor, Jawa Barat, Minggu (14/7) malam. Jokowi hadir bersama Ibu Iriana Jokowi dan Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin serta istrinya.

Bogor-andalas Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan menghajar para birokrat yang mengambil pungutan liar (pungli) dari rakyat. Jokowi memastikan pemerintahannya di periode kedua akan menghapus praktik pungli.

"Hati-hati, hati-hati ke depan (pungli) saya pastikan akan saya kejar," kata Jokowi saat menyampaikan pidato Visi Indonesia di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Minggu (14/7) malam. Jokowi hadir bersama Ibu Iriana Jokowi. Hadir pula Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin dan istrinya.

Penegasan Jokowi akan mengejar pungli disampaikan saat membahas soal hal-hal yang dapat menghambat investasi. Jokowi memastikan akan mengecek agar praktik pungli tidak dilakukan dalam pemerintahan periode kedua. "Akan saya kejar, akan saya kontrol, akan saya cek, dan akan saya hajar jika diperlukan," tegas Jokowi.

Jokowi ingin tidak ada lagi hal-hal yang dapat menghambat investasi masuk ke Indonesia. Sebab, menurutnya, investasi merupakan kunci pembukaan lapangan kerja.

"Tidak ada lagi hambatan-hambatan investasi karena ini adalah kunci pembukaan lapangan kerja seluas-luasnya," terang Jokowi.
Jokowi juga menegaskan komitmen reformasi birokrasi di periode kedua pemerintahannya. Presiden terpilih itu tak segan mencopot birokrat yang tak mau berubah.

"Reformasi birokrasi, lembaga-lembaga harus jadi sederhana, simpel, lincah. Ini juga hati-hati, kalau pola pikir, kalau mindset birokrasi tidak berubah, saya pastikan akan saya pangkas!" katanya.

Jokowi meminta kecepatan melayani jadi prioritas birokrat, utamanya kecepatan pelayanan perizinan. Jokowi akan mengecek sendiri kinerja birokratnya. "Begitu saya lihat tidak efisien, tidak efektif, saya pastikan akan saya pangkas dan saya copot pejabatnya," ujarnya.

Jokowi juga berkomitmen membuat struktur pemerintahan jadi lebih ramping. Dia menegaskan komitmen untuk membubarkan lembaga-lembaga yang tak berguna.

Dia pun menantang menteri-menteri mendatang untuk berani. "Kecepatan memberi izin menjadi kunci dari reformasi birokrasi kita. Akan saya cek sendiri, akan saya kontrol sendiri. Begitu, begitu saya lihat tidak efisien atau tidak efektif, saya pastikan, saya pastikan akan saya pangkas dan saya copot pejabatnya," kata Jokowi.

"Oleh sebab itu butuh menteri-menteri yang berani. Kalau ada lembaga-lembaga yang tidak bermanfaat dan bermasalah, sekali lagi, kalau ada lembaga-lembaga yang tidak bermanfaat dan bermasalah, saya pastikan saya bubarkan!" imbuh Jokowi disambut riuh tepuk tangan hadirin.

Jokowi menegaskan dirinya tak ingin memelihara pola pikir lama. Dia juga tak ingin jajarannya bekerja di zona nyaman. Jokowi mengaskan semuanya harus berubah.

"Tidak ada lagi pola pikir-pola pikir lama. Kita juga tidak ingin ada lagi pola-pola kerja yang linear, tidak ada lagi kerja-kerja yang hanya rutinitas, tidak ada lagi kerja-kerja yang monoton yang begitu-begitu saja!" tegas Jokowi.

"Tidak ada lagi kerja di zona yang nyaman, penyakit kita ada di situ. Kita harus berubah, kita harus berubah, sekali lagi kita harus berubah," imbuh dia. (DTC/DOH)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px