Log in

Pengadilan Menangkan Gugatan DPP Aceh Sepakat

Kuasa hukum M Husni Mustafa dan T Bahrumsyah dari DPP Aceh Sepakat, Sopian Adami (kiri) dari pihak penggugat saat mengikuti sidang pembacaan putusan majelis hakim yang diketuai Mukhtar Amin, di PN Medan, Rabu (11/10). Kuasa hukum M Husni Mustafa dan T Bahrumsyah dari DPP Aceh Sepakat, Sopian Adami (kiri) dari pihak penggugat saat mengikuti sidang pembacaan putusan majelis hakim yang diketuai Mukhtar Amin, di PN Medan, Rabu (11/10).

Yayasan Aceh Sepakat Versi Fauzi Hasballah Cs Dinyatakan Tidak Sah

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Aceh Sepakat diwakili M Husni Mustafa SE dan HT Bahrumsyah, masing-masing selaku Ketua Umum dan Sekretaris Umum periode 2013-2018 memenangkan gugatan atas keberadaan akte Nomor 13 Tahun 2011 tentang Yayasan Aceh Sepakat 'versi' Fauzi Hasballah Cs. 

Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan yang diketuai Mukhtar Amin SH MH dalam sidang pembacaan putasan, Rabu (11/10) menyatakan keberadaan akte yang dibuat tanggal 27 Oktober 2011 di depan notaris di Medan, Fenty Iska SH SpN, adalah tidah sah dan batal demi hukum.

Perbuatan tergugat dalam hal ini Fauzi Hasballah, Irfan Mutyara, dan Fenty Iska mendirikan Yayasan Aceh Sepakat dengan akte tersebut merupakan perbuatan melawan hukum.

Putusan majelis hakim ini sekaligus menjadi penegasan keberadaan akte pendirian Yayasan Aceh Sepakat Nomor 25 Tahun 2001 yang dimiliki penggugat sebagai akte yang sah.

Selain itu, dengan putusan ini maka seluruh aset Yayasan Aceh Sepakat yang selama ini dikuasai Fauzi Hasballah cs selaku pihak tergugat harus dikembalikan kepada Yayasan Aceh Sepakat yang didirikan berdasarkan Akte 25/2001.

Husni Mustafa dan Bahrumsyah mewakili DPP Aceh Sepakat dalam gugatannya menyebutkan beberapa aset Yayasan Aceh Sepakat sesuai akte pendirian No 25/Salinan Kedua tanggal 24 Agustus 2001 yang dibuat di hadapan Lila Meutia SH Mkn notaris di Medan. Antara lain terdiri dari bangunan Masjid dan Balai Raya Aceh Sepakat di Jalan Mengkara, Medan, yang berdiri di atas lahan 2.310 M2.

Kemudian, tanah bekas jalan perkuburan dan jalan belakang Perpustakaan seluas 1.307 M2 di Jalan Dewa Ruci, Medan; 2 unit bangunan bertingkat di Jalan Dewa Ruci, Medan, masing-masing seluas 176 M2; dan bangunan rumah berlantai dua di Jalan Dewa Ruci, Medan, seluas 295 M2.

Majelis hakim menyatakan pihak tergugat harus mengembalikan aset-aset tersebut kepada Yayasan Aceh Sepakat akte 25/2001. Kuasa hukum penggugat, Sopian Adamy mengatakan keputusan hakim sudah berlandaskan keadilan karena sesuai dengan fakta-fakta. Kendati begitu dirinya  menolak bila putusan ini dianggap sebagai kemenangan kliennya.

“Tidak, ini bukan kemenangan Pak Husni atau Pak Bahrumsyah. Ini kemenangan seluruh masyarakat Aceh. Karena aset yang kita perjuangkan itu adalah hasil wakaf orang-orang tua kita dulu,” kata Sopian.

Hal senada dikemukakan Husni Mustafa. Dirinya mengaku sangat bersyukur atas putusan majelis hakim yang mengabulkan gugatan pihaknya.

"Dari awal kami sudah menegaskan bahwa apa yang kami perjuangkan ini bukan untuk kepentingan pribadi. Melainkan untuk kepentingan masyarakat Aceh. Alhamdulillah, hakim telah membuat keputusan yang adil," katanya.  

Untuk itu Husni berharap kepada pihak penggugat hendaknya dapat mematuhi dan menjalankan apa yang menjadi putusan pengadilan.

"Ya tentunya kita sangat berharap, seluruh aset Yayasan Aceh Sepakat yang selama ini mereka (penggugat) kuasai dapat segera dikembalikan kepada yayasan yang sah," ujarnya.

Harapan senada dikemukakan Bahrumsyah. Selain itu, setelah adanya putusan pengadilan ini, DPP Aceh Sepakat menurutnya akan segera melakukan penyesuaian terhadap Yayasan Aceh Sepakat Akte 25/2001.

"Setelah ini kita akan melakukan penyesuaian terhadap Akte Yayasan Aceh Sepakat Nomor 25 Tahun 2001 dengan aturan perundang-undangan yang berlaku saat ini," kata Bahrumsyah yang juga Anggota DPRD Medan dari Partai Amanat itu.

Sementara kuasa hukum tergugat, Faisal Putera mengatakan pihaknya menghormati putusan pengadilan. Namun Faisal memastikan pihaknya akan mengajukan banding.

“Putusan ini akan kami diskusikan dulu dengan klien kami. Tapi bisa dipastikan kami banding,” tandasnya. (GUS)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

27°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 85%

Wind: 11.27 km/h

  • 11 Dec 2017 28°C 23°C
  • 12 Dec 2017 29°C 22°C

Banner 468 x 60 px