Log in

Pembangunan IPA Denai Tirtanadi Diduga Bernuansa KKN

Ketua Fraksi Gerinda DPRD Sumut, Ari Wibowo SH Ketua Fraksi Gerinda DPRD Sumut, Ari Wibowo SH

Ketua Fraksi Gerinda DPRD Sumut, Ari Wibowo SH:

Ketua Fraksi Gerinda DPRD Sumut, Ari Wibowo SH menegaskan, pelaksanaan pembangunan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) Denai, yang dikerjasamakan PDAM Tirtanadi dengan pihak ketiga patut diduga terdapat nuansa kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN), yang potensial merugikan keuangan negara.

Politisi muda yang vokal dan merakyat ini merasa curiga karena anggaran ditinggalkan direksi yang lama saat serah terima pergantian jajaran direksi mencapai Rp250 miliar ditambah dengan adanya penyertaan modal pada tahun 2017 sebesar Rp73 miliar, masih berada di kas perusahaan daerah tersebut.

Kepada wartawan Minggu (20/10), Ari Wibowo mempertanyakan, untuk apalah dikerjasamakan kepada pihak ketiga, karena kas di PDAM masih lebih dari cukup. "Apakah uang kas tersebut untuk dibungakan semata ? dan hanya untuk menarik keuntungan bagi pihak oknum-oknum tertentu saja ?,"tanya dia.

Terkait dengan 'diparkirkannya' dana penyertaan modal yang jumlahnya sangat besar tersebut, dia meminta aparat penegak hukum supaya melakukan pengawasan dan pengusutan, agar dana tersebut tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Apalagi, kata wakil rakyat dari dapil Labusel, Labuhan Batu dan Labura ini, sekarang jajaran direksi PDAM Tirtanadi lebih sering berada di luar kota dengan alasan-alasan tertentu yang kurang masuk akal dan kerap dijadikan sebagai pembenaran atas ketidakhadirannya di kantor.

Untuk itu, Ari Wibowo mendesak Gubsu Edy Rahmayadi agar segera mengevaluasi kinerja jajaran direksi PDAM Tirtanadi khususnya dan seluruh direksi BUMD milik Pemprovsu yang tidak produktif dan hanya label saja sebagai pimpinan, tapi tidak mempunyai terobosan untuk menjadikan BUMD tersebut sebagai sumber PAD Sumut.

Dia menilai, kinerja Direksi PDAM Tirtanadi sekarang jauh sekali menurun kualitasnya, antara lain disebabkan banyak sekali berkas yang menumpuk di meja direksi karena direksi sering tidak berada di tempat. "PDAM Tirtanadi harus mampu berbenah diri, agar dapat melayani masyarakat dengan baik dan menjadikan Sumut lebih bermartabat,"harapnya. (uj)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px