Log in

Pelanggan Telkomsel Kecewa


Medan-andalas Warga Medan mengeluhkan buruknya jaringan internet Telkomsel, pada Kamis (6/12). Berjam-jam layanan internet milik operator seluler tersebut tidak bisa diakses. Pelanggan pun dibuat bingung dan kecewa. Sebab aktivitas mereka yang mengandalkan jaringan internet Telkomsel menjadi terganggu.

Seperti diungkapkan Rifki Warisan, salah seorang warga pengguna Telkomsel. Dia merasakan gangguan jaringan internet Telkomsel itu terjadi mulai sekitar pukul 11.00 Wib sampai sore.

"Iya, kenapa gitu jaringannya? Aku kira HP-ku juga yang bemasalah. Ternyata semuanya bemasalah. Nggak ngerti kita mau apa Telkomsel ini. Call centre-nya pun tak bisa dihubungi, ada apa ini," keluh Rifki yang berprofesi wartawan.

Rifki mengaku, akibat dari buruknya jaringan internet Telkomsel itu, sejumlah wartawan kesulitan mengirimkan laporannya ke redaksi masing-masing. "Gara-gara ini sulit kami selesaikan kerjaan. Payah kami kirim laporan ke redaksi," keluhnya.

"Kalau kita lambat bayar sehari, langsung diblokir. Padahal sebagai konsumen selalu patuh. Tapi kenapa tak ada pemberitahuan kalau ada gangguan? Tentu saja aku merasa dirugikan," kesalnya.

Hal senada diungkapkan beberapa jurnalis lainnya di Kota Medan yang juga mengaku kesulitan bekerja akibat jaringan internet Telkomsel yang berjam-jam tidak bisa diakses.

Terlebih bagi jurnalis media online yang membutuhkan kecepatan data internet untuk pengiriman berita saat berada di lapangan.

"Kalau kayak gini gimana mau kerja. Internet gak ada di lapangan. Apalagi cuma pakai Telkomsel pula itu," ungkap Jafar, salah seorang jurnalis di media online di Kota Medan.

Gangguan jaringan internet Telkomsel itu ternyata tak cuma terjadi di Kota Medan, tetapi hampir menyeluruh di wilayah Sumatera. Telkomsel pun meminta maaf atas gangguan layanan data yang terjadi tersebut.

Dalam keterangan tertulis yang dilansir Tekno Liputan6.com, Kamis (6/12), disebutkan gangguan layanan data terjadi di wilayah operasional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) dan Sumatera Bagian Tengah (Sumbagteng).

"Telkomsel memohon maaf atas ketidaknyamanan layanan internet yang dirasakan pelanggan," kata Manager Corporate Communication Telkomsel Area Sumatera Hadi Sucipto.

Lebih lanjut, Hadi juga menyebutkan, Telkomsel tengah berupaya maksimal agar layanan bisa berfungsi normal, sehingga pelanggan bisa menikmati layanan data Telkomsel.

"Secara berkesinambungan, Tim Telkomsel akan tetap berupaya dan memastikan agar layanan kepada pelanggan tetap terjaga," tuturnya.

Sebelumnya linimasa Twitter ramai dengan keluhan para pengguna yang menyebut layanan internet Telkomsel terganggu di wilayah Sumatera bagian utara dan tengah pada Kamis (6/12/2018).

Akibatnya, para pelanggan operator yang identik dengan warna merah itu tidak dapat mengakses internet selama beberapa jam mulai dari siang ini. Diperkirakan, gangguan sudah terjadi sejak pukul 12.00 WIB.

Sebuah sumber menyebut, penyebab lumpuhnya jaringan Telkomsel di Sumatera tak lain karena putusnya fiber optic. Namun, hal tersebut sudah diperbaiki oleh Telkomsel.

Tumbangnya jaringan Telkomsel di wilayah itu, sontak memicu reaksi keluhan warganet yang merupakan pengguna Telkomsel. Pantauan di Twitter, kebanyakan warganet pengguna Telkomsel mengeluhkan jaringan yang lumpuh dan tidak bisa mengakses internet. Mereka pun me-mention @Telkomsel dan mendesak penjelasan mengapa jaringan tumbang.

Akibat banyaknya cuitan komplain yang membanjiri linimasa, tagar #Telkomsel pun sempat memuncaki daftar trending topic Twitter di Indonesia.    

Ternyata gangguan jaringan internet Telkomsel ini bukan hanya terjadi di Kota Medan, tetapi juga di daerah-daerah lainnya di wilayah Sumatera Bagian Utara dan Sumatera Bagian Tengah. Hal ini dikonfirmasi oleh General Manager ICT Operation Region Sumbagteng Noviandri.

"Fiber optik putus. Tapi itu sudah clear dan sedang proses perbaikan di sistem," ujar Noviandri sebagaimana dikutip dari laman Jawa Pos, Kamis (6/12).

Gangguan jaringan internet Telkomsel bukan hanya terjadi di wilayah Riau. Namun juga di daerah lain, seperti Padang, Sumatera Barat, dan Medan, dan Sumatera Utara. Gangguan internet ini diperkirakan terjadi sejak pukul 12.00 WIB.

Atas kejadian ini, Telkomsel meminta maaf kepada pelanggan terkait ketidaknyamanan layanan internet. Kini pihak Telkomsel masih berusaha untuk mengembalikan layanan agar dapat kembali normal.

"Telah terjadi gangguan layanan data di wilayah Sumatera Tengah dan Sumatera Utara akibat gangguan di sistem perangkat layanan data, sedangkan layanan voice dan SMS tetap berfungsi dengan normal," papar Awal dalam keterangan resminya, Kamis (6/12).

Ia mengklaim, saat ini tim Telkomsel tengah berupaya dengan maksimal untuk memulihkan gangguan ini dengan cara merecovery sistem data tersebut. Gangguan ini diharapkan akan berangsur pulih dalam waktu dua jam ke depan.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan akibat dari terjadinya gangguan ini," ucap Awal menandaskan. (G/MTC/LIP6)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 19 Dec 2018 29°C 22°C
  • 20 Dec 2018 30°C 22°C

Banner 468 x 60 px