Log in

Partai NasDem Hindari Politik Mahar

Ridwan Kamil (kedua dari kanan) bersama Ketum Partai NasDem Surya Paloh (kanan), Ketua DPW NasDem Jabar Saan Mustapa (ketiga dari kanan) dan Prananda Surya Paloh saat deklarasi Wali Kota Bandung tersebut sebagai bakal calon Gubernur Jabar 2018-2023, di Monumen Bandung Lautan Api Lapangan Tegalega Bandung, Minggu (19/3). Ridwan Kamil (kedua dari kanan) bersama Ketum Partai NasDem Surya Paloh (kanan), Ketua DPW NasDem Jabar Saan Mustapa (ketiga dari kanan) dan Prananda Surya Paloh saat deklarasi Wali Kota Bandung tersebut sebagai bakal calon Gubernur Jabar 2018-2023, di Monumen Bandung Lautan Api Lapangan Tegalega Bandung, Minggu (19/3).

Usung Ridwan Kamil

Bandung-andalas Partai Nasional Demokrat (NasDem) resmi mendeklarasikan Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil sebagai bakal calon Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023, di Monumen Bandung Lautan Api Lapangan Tegalega Bandung, Minggu (19/3).

Pendeklarasian tertuang dalam Surat Rekomendasi Nomor 020-SI/DPP/Nasde/III/2017. Surat tersebut  diserahkan langsung oleh Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat Saan Mustopa kepada Ridwan Kamil.

Dalam sambutannya, Saan Mustopa menuturkan deklarasi tersebut momentum bersejarah bagi Partai NasDem yang menjadikan pilkada sebagai misi utama untuk mencari putra putri terbaik bangsa untuk menjadi pemimpin di daerahnya masing-masing. "Dan hari ini NasDem telah menemukan putra terbaik dari Jawa Barat untuk menjadi calon gubernurnya," kata Saan.

Alasan Partai Nasdem mencari putra terbaik, kata dia, karena pihaknya meyakini bahwa Partai NasDem bisa menghasilkan pemimpin daerah yang baik dan rakyat bisa merasakan manfaatkan.

Menurut dia, dalam mencari putra putri calon kepala daerah terbaik, Partai NasDem mengedepankan politik tanpa mahar karena bisa menghindari biaya politik tinggi. "NasDem ingin mengurangi beban politik kepala daerah karena NasDem tidak mau kepala daerahnya melakukan perbuatan tercela. Politik tanpa mahar bukan sekedar slogan, tapi dibuktikan di Pilkada 2015, 2017 dan 2018," kata mantan Wakil Sekjen Partai Demokrat ini.

Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh mengungkapkan, NasDem dan M Ridwan Kamil menyepakati tiga syarat terkait pendeklarasian Wali Kota Bandung itu sebagai calon Gubernur Jabar 2018-2023.

"Ada kesepakatan yang telah terjadi antara Ketua Umum Partai NasDem dengan Ridwan Kamil, untuk itu deklarasi hari ini dilaksanakan," kata Surya Paloh saat memberikan sambutan dalam deklarasi tersebut.

Ia mengatakan syarat yang pertama ialah apabila rakyat telah memberikan amanah dan menempatkan Ridwan Kamil sebagai gubernur definitif Jawa Barat, maka dalam melaskanakan fungsi yang diembannya Ridwan Kamil menjadikan Jawa Barat sebagai benteng Pancasila yang melindungi seluruh warga masyarakat. "Dengan menjadi benteng Pancasila maka semangat kemajemukan dan pluralisme harus tetap terjaga dalam keseharian. Ini artinya sistem dan ideologi bangsa kita yakni Pancasila merupakan kekuatan yang harus tetap terjaga dan tidak bisa digoyahkan oleh kekuatan apapun," kata dia.

Syarat yang kedua, kata Surya Paloh, adalah ketika duduk menjadi pimpinan daerah Jawa Barat, maka Ridwan Kamil harus menjadi milik seluruh masyarakat Jawa Barat dan seluruh parpol yang ada. "Dengan demikian, saya meminta kepada Ridwan Kamil untuk tidak bergabung dengan parpol apa pun, termasul Partai NasDem," kata dia.

Menurut dia, permintaan agar Ridwan Kamil tidak masuk menjadi anggota parpol dilakukan agar yang bersangkutan bisa menjalankan amanah. Selain itu, sumpah jabatannya lebih fokus bagi masyarakat Jawa Barat.

Syarat ketiga ialah Ridwan Kamil harus mampu mengkonsolidasikan roda pemerintahan Jawa Barat dengan harapan bisa membawa peran serta masyarakat memahami arti pembangunan nasional dan mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo yang berupaya mempercepat proses pembangunan serta persiapan Pemilihan Presiden 2019.

"Inilah tiga syarat yang ditetapkan NasDem kepada Ridwan Kamil dan telah terjadi kesepakatan antara Ridwan Kamil dan saya sehingga deklarasi hari ini dilaksanakan," kata Surya Paloh.

Guna memuluskan kiprah Emil sapaan Ridwan Kamil menatap Pilgub Jabar 2018, NasDem yakin sejumlah parpol turut merapatkan barisan membentuk koalisi mengusung Emil.

Surya Paloh menyebut, pihaknya sudah membangun komunikasi politik dengan sejumlah parpol guna memuluskan dukungan kepada Emil.

"Sudah (komunikasi dengan parpol lain), tapi tidak saya sebutkan hari ini. Saya yakin sekali akan banyak kawan-kawan dari parpol mempunyai aspirasi yang sama untuk memberikan dukungan kepada Kang Emil," kata Surya.

Terharu
Usai mendapatkan dukungan, Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil itu langsung tak kuasa manahan harunya saat menyampaikan sambutan di acara deklarasi tersebut. Dia mengaku, merasa terharu karena teringat dengan silsilah keluarganya yang juga merupakan pejuang kemerdekaan Indonesia.

"Saya datang dari keluarga pejuang. Kakek saya almarhum Panglima Hizbullah di Jawa barat. Uwa (Paman atau Bibi) saya gugur membela Indonesia. Membawa santri melawan Belanda," kata Ridwan Kamil.

Ridwan menegaskan, di dalam dirinya mengalir darah pejuang yang diturunkan dari garis keluarga besarnya. Dirinya juga menjelaskan asal-usulnya yang merupakan orang asli dari suku Sunda.

"Itulah sejarah sedikit yang tidak pernah saya ceritakan tapi menunjukkan darah pejuang darah yang selalu hadir dalam diri saya sehari-hari. Saya sangat Sunda, dari sisi etnisitas ayah saya orang Subang dari kakek orang Garut dan nenek dari Sumedang," ujarnya.

Tak hanya menceritakan silsilah keluarganya, orang nomor satu di Kota Bandung itu juga menjelaskan arti nama yang diberikan orang tua kepadanya. Menurutnya, nama depannya yakni Muhammad adalah berupa doa dari orang tua agar dirinya selalu terinsprirasi dengan perjuangan Nabi Muhammad.

"Nama saya Muhammad Ridwan Kamil, itu doa dari orang tua. Muhammad supaya terinspirasi Nabi Muhammad. Ridwan artinya diridhoi atau malaikat surga dan Kamil artinya insan yang sempurna," ungkapnya.

Ridwan sendiri berterima kasih atas dukungan yang diberikan masyarakat melalui Partai NasDem untuk maju sebagai Cagub Jabar. Ia berharap, dukungan itu menjadi modal dirinya untuk melaksanakan amanah yang diberikan masyarakat ke dapanya. "Insya Allah dengan niat baik, dengan ikhtiar dan proses yang baik akan dimenangkan dengan cara yang baik," pungkasnya.(CNNI/ANT/BST)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

23°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 25 Apr 2017 27°C 22°C
  • 26 Apr 2017 29°C 23°C

Banner 468 x 60 px