Log in

NasDem Putuskan Cagubsu Berdasarkan Hasil Survei

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh saat membuka Rakorwil  Partai NasDem Sumut di Hotel JW Marriot Medan, Sabtu (6/5). andalas/siong Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh saat membuka Rakorwil Partai NasDem Sumut di Hotel JW Marriot Medan, Sabtu (6/5). andalas/siong

Tak Mau Kehilangan Gubernur

Medan-andalas Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyatakan, pada pemilihan kepala derah (pilkada) serentak 2018, NasDem tidak mau kehilangan gubernur. Karena itu, Partai NasDem menempatkan sejumlah kriteria pencalonan untuk seluruh calon kepala daerah yang akan mengikuti Pilkada di seluruh tanah air, termasuk Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

"Kita mau bertanding untuk menang, maka upaya seluruh kinerja dari  partai, fungsionaris dan kader hukumnya wajib, tidak ada daerah abu-abu. Kita mau gubernur mengikuti Pilkada tapi ada syarat dan parameter yang menjadi keputusan terakhir Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai yang menjadi sebuah konvensi yang tidak boleh dilanggar," ucap Surya dalam pidatonya pada pembukaan Rapat Koordinasi  Wilayah (Rakorwil) Partai NasDem Sumut, di Hotel JW Marriot, Medan, Sabtu (6/5).

Pembukaan rakorwil dihadiri Ketua Umum Garda Pemuda NasDem Prananda Surya Paloh, Ketua DPP Partai NasDem Janet Sujunadi, Komando Pemenangan Wilayah Partai NasDem Sumut Martin Manurung, Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat Saan Mustofah, Ketua DPW Partai NasDem Sulawesi Utara Elman Saragih, Ketua DPW Partai Nasdem Sumut Erry Nuradi, Sekretaris DPW Partai Nasdem Sumut Iskandar ST dan ratusan kader Partai NasDem lainnya.

Surya menyebutkan, hasil survei lembaga independen yang dipercayai oleh partai sepenuhnya akan sangat menentukan. Untuk itu pada akhir bulan Agustus mendatang, Dewan Pimpinan Pusat Partai akan menentukan dan memutuskan siapa Calon Gubernur (Cagub) di daerah ini.

“Kalau saja skor hasil survei dari gubenur yang kita miliki hari ini tetap di atas di luar dari jarak margin error, maka keputusannya adalah Erry Nuradi. Tapi kalau skornya masuk ke margin error maka itu fifty-fifty. Tapi kalau di bawah lagi skornya maka selesai," tandas Surya Paloh.

Untuk itu Surya mengingatkan seluruh kader Partai NasDem agar merapatkan barisan, karena inti dari rapat koodinasi wilayah di samping memahami seluruh kondisi objektif yang ada dan seluruh kekuatan serta kelemahan yang dimiliki .

"Bangkit dan atur barisan, terlalu sayang seribu kali sayang mengharapkan sesuatu, pipit yang lagi terbang punai yang di tangan kita lepaskan. Upayakan seluruh  kemampuan dan kekuatan yang ada dengan pikiran-pikiran seutuhnya dari NasDem.Itu tugas kalian semua didukung oleh fungsionaris," tandas Surya.

Surya Paloh dalam pidatonya kemudian meminta seluruh kader NasDem mengambil cara yang menarik simpatik rakyat dalam memenangi pilkada di Sumut. "Tidak ada kita bekerja keras luar biasa jika tidak mendapat persepsi yang baik dari masyarakat,” tuturnya.

Ia mengaku bangga pada NasDem karena sebagai partai yang usianya masih muda ternyata berhasil mendapat tempat di hati masyarakat. Hanya saja, Surya mengingatkan semua keberhasilan Partai NasDem jangan membuat para kader menjadi lupa diri dan tidak lebih memaksimal mengerahkan kemampuan untuk meyakinkan masyarakat terhadap gerakan perubahan ke arah yang lebih baik.

“Syukur alhamdulillah, kita berhasil menempatkan posisi partai di tempat yang sangat terhormat.Tantangan kita pada Pilkada ketiga yang sangat dibutuhkan kesiapsiagaan yang harus dilakukan oleh seluruh fungsionaris dan komponen partai," kata Surya.

Surya Paloh juga menegaskan keinginan Partai NasDem memenangkan kembali Joko Widodo dalam pemilihan presiden tahun 2019 karena adanya kesamaan ideologi antara Presiden Jokowi dengan Partai NasDem. "Presiden Jokowi adalah sahabat yang benar-benar sahabatnya NasDem," sebutnya.

Karenanya, Partai NasDem berkepentingan untuk memenangkan kembali Presiden Jokowi karena agenda restorasi Partai Nasdem mendapat perhatian serius dari pemerintah. Apalagi Partai NasDem adalah partai pendukung pemerintah sehingga akan melakukan berbagai upaya agar pemerintahan bisa sukses dan survive.

Untuk itu, seluruh kader dan pengurus Partai Nasdem harus mampu meyakinkan seluruh kalangan di luar partai untuk bersimpati dan memiliki kepercayaan tinggi terhadap personafikasi Presiden Jokowi.

Surya Paloh menilai belakangan ini, ada beberapa kalangan yang ingin menurunkan prestasi pemerintah yang dipimpin Presiden Jokowi. Malah, kekalahan Basuki Tjahaja Purnama dalam pilkada di DKI Jakarta sering diidentikkan dengan asumsi bahwa Presiden Joko mulai melemah.

"Kelompok oposisi saat ini mulai merapatkan barisan, seluruh kader Partai Nasdem harus bisa meningkatkan out put kinerjanya.Kita tidak bisa bekerja biasa-biasa saja lagi, karena membuat lawan makin kuat," tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPP Partai NasDem Martin Manurung yang juga Komando Pemenangan Wilayah Sumatera Utara mengatakan, Rakorwil kali ini merupakan agenda internal partai yang membicarakan finalisasi struktur, infrastruktur dan Bacaleg Pemilu 2019. “Ini agenda internal saja terkait verifikasi Partai dan progres program Bacaleg,” kata Martin.

Lebih jauh Martin juga mengatakan, Rakorwil ini untuk melihat progres program Bacaleg NasDem serta kesiapan menghadapi verifikasi parpol. Sampai saat ini, NasDem Sumut telah siap menghadapi verifikasi parpol.

“Verifikasi sudah hampir 100 persen. Kalau program Bacaleg masih on going, karena masih memeriksa berkas-berkas yang masuk,” jelas Martin. (Siong)

1 comment

  • Sitor Sinaga
    Sitor Sinaga Selasa, 09 Mei 2017 08:13 Kirim Komentar Lapor

    Mantap ketua, Salam restorasi buat kita smuanya.

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

22°C

Medan, Sumatera Utara

Mostly Cloudy

Humidity: 98%

Wind: 6.44 km/h

  • 20 Sep 2017 30°C 22°C
  • 21 Sep 2017 29°C 23°C

Banner 468 x 60 px