Log in

Nama Bocah SD Ini Mirip Nama Cucu Jokowi


Gibran Rakabuming Raka menamakan anak keduanya yang lahir 15 November 2019 dengan sebutan La Lembah Manah. Masyarakat menduga nama unik bahasa Jawa yang mempunyai makna rendah hati tersebut tidak ada yang menyamai.

Namun belakangan nama serupa muncul, namun tanpa kata depan La. Lembah Manah ini juga merupakan warga Solo, tepatnya di Jalan Bawean Nomor 17, Kelurahan Timuran, Banjarsari Solo. Lembah yang sering dipanggil Rambo oleh para gurunya itu merupakan anak kedua dari pasangan Yoyok Prima Maulana (42) dan Indah Fajarwati (37).

"Anak saya namanya juga Lembah Manah. Lahirnya juga di RS PKU Muhammadiyah Solo, 11 Maret 2010. Sekarang sudah kelas IV SDN56 Bromantakan, Surakarta," ujar Yoyok saat ditemui merdeka.com di rumahnya, Sabtu (30/11).

Yoyok menerangkan, selama proses kelahiran putra keduanya tersebut juga ditangani oleh dokter Soffin Arfian yang juga menangani kelahiran Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah. Dokter Soffin, menurut Yoyok, paling populer di Kota Solo yang mempunyai kemampuan cukup baik.

Yoyok mengaku, sudah sejak lama mempersiapkan nama untuk adik Banyu Biru (anak pertama) tersebut. Karena dari dulu dirinya ingin memiliki anak yang rendah hati dan penuh kasih. Nama Lembah Manah sengaja diberikan dengan harapan anaknya kelak mempunyai sifat yang sama.

"Sebagai orang tua inginnya nama itu kan salah satu doa, harapan. Saya pingin anak yang rendah hati, penuh kasih sayang. Terus nyari kalimat, kata yang bagus bahasa Jawa. Akhirnya ketemu itu. Lembah Manah," katanya.

Yoyok tak menyangka jika nama anak keduanya mirip dengan cucu ketiga Presiden Joko Widodo. Ia tak memungkiri, nama Lembah Manah tersebut, sempat menjadi bahan pembicaraan banyak orang karena dianggap aneh. Begitu pula di sekolah, Lembah kerap diejek oleh temannya.

"Perasaan saya biasa saja, kalau mau bangga apa yang dibanggakan. Setelah ada nama Lembah Manah anaknya Gibran, dari sisi psikologis lumayan seneng anaknya. Dulu minta dipanggil Rambo sekarang minta dipanggil Lembah," katanya.

Meski nama anaknya mirip dengan cucu Presiden, Yoyok mengaku tak mempermasalahkannya. Apalagi terlalu dirinya lebih dahulu memberikan nama tersebut untuk anaknya. Nama Lembah Manah juga dianggapnya netral, bisa digunakan untuk yang berjenis kelamin wanita maupun pria.

Sementara Lembah Manah mengaku bangga dengan nama pemberian ayahnya. Lembah yang selalu mendapatkan ranking pertama di kelasnya bercita-cita menjadi seorang atlet taekwondo. Lembah juga mengikuti les bahasa Inggris dan bermain keyboard. "Senang punya nama Lembah Manah. Nanti kalau besar saya ingin jadi atlet taekwondo," tutupnya. [MDC]

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px