Log in

Logistik Dan Tim Raja Arab Saudi Sudah Di Bali


Bali-andalas General Manager Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali Yanus Suprayogi mengatakan, sejumlah logistik milik Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud telah tiba di bandara setempat yang diangkut khusus menggunakan satu pesawat.

"Sejak empat hari lalu logistik sudah tiba," kata Yanus Suprayogi ditemui di hangar bandara setempat di kawasan Tuban Kuta, Kabupaten Badung, Minggu (26/2).

Namun Yanus tidak merinci logistik yang dibawa langsung dari negara yang berada di kawasan Timur Tengah itu karena bukan merupakan kewenangannya memberikan detail informasi. Selain peralatan, Yanus menambahkan tim advance atau tim pendukung khusus Kerajaan Arab Saudi juga telah tiba di Bali mendahului kedatangan sang raja.

Raja Salman, lanjut Yanus, dijadwalkan mendarat di Bandara Ngurah Rai pada 4 Maret 2016. Terkait kedatangan orang nomor satu di negara kaya minyak itu, Yanus mengatakan bahwa pihak kerajaan tidak meminta permintaan khusus.

Meski demikian pihaknya menyesuaikan sesuai dengan prosedur kedatangan kepala negara di bandara.

"Kami sudah 100 persen siap menyambut kedatangan Raja Arab Saudi di Bali," kata Yanus, dilansir Antara.

Raja Salman dijadwalkan melakukan kunjungan kenegaraan di Jakarta 1-3 Maret dan berlibur ke Bali mulai 4-9 Maret 2017. Dalam lawatannya ke Indonesia, Raja Salman dijadwalkan membawa sekitar 1.500 rombongan dengan menggunakan sedikitnya tujuh pesawat.Kunjungan ini juga sangat bersejarah bagi Indonesia karena lawatan Raja Arab Saudi terakhir ke Tanah Air pada 1970 atau 47 tahun lalu.

Menginap di 4 Hotel

Di Bali, Salman dan 1.500 rombongannya akan menyewa empat hotel. Empat hotel tersebut ada di wilayah kawasan Nusa Dua, Kuta Selatan di Kabupaten Badung.

"Raja Salman yang membawa 10 menterinya dan 25 pangeran serta pengikutnya akan menginap di ST Sun Regis, Ritz-Carlton, Laguna, dan Hilton," kata I Ketut Ardana, Kepala Association of the Indonesia Tours and Travel Agencies (Ikatan agen tour dan perjalanan Indonesia) di Denpasar, Sabtu (25/2).

Namun, dia tidak mengetahui Raja Salman akan berada di hotel mana. Namun dia pastikan, rombongan akan bermalam di empat hotel itu.

"Ya mereka sudah positif menginap di sana. Kalau untuk rajanya kami tidak tahu beliau akan menginap di mana. Pastinya di keempat hotel itu sudah pasti," terangnya. 

Menariknya, dari keempat hotel itu satu di antaranya semua kamar telah dibeli untuk lima hari di Bali.

"Ada seluruh kamar akan dipakai oleh mereka dan Raja Arab Saudi beserta pengawal dan pasukan pengamannya dari Arab. Satu rombongan khusus," ujarnya.

Sementara itu Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali, Tjokorda Arta Ardhana Sukawati alias Cok Ace mengatakan, untuk tarif hotel yang diperkirakan akan ditinggali Raja Salman selama di Bali itu berkisar Rp 20 juta hingga Rp 30 juta per malam.

Kamar itu biasanya dibandrol dengan harga Rp 10 hingga Rp 12 Juta. "Ya tarif itu sudah wajar dan biasa. Untuk yang kamar yang bagus harganya Rp 20 hingga Rp30 juta," katanya.

Dia menjelaskan, pastinya ada penyesuaian-penyesuaian semisal masalah aksesbilitas. "Salah satunya parking area kan ada khusus," jelas dia.

 

Kemenag Dapat 2 Porsi MoU

Terpisah, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, dalam kunjungan Raja Salman itu, juga akan ditandai dengan penandatanganan lima nota kesepahaman (MoU). Kementerian Agama mendapatkan dua porsi MoU kerjasama.

"Ada lima MoU yang akan ditandatangani, dua di antaranya adalah yang dengan Kementerian Agama," ujar Lukman kepada wartawan di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Minggu (26/2).

menuturkan, porsi MoU yang akan didapat Kementerian Agama adalah mengenai penguatan sektor keagamaan di Indonesia. Menurut Lukman, pemberdayaan umat juga akan diupayakan dalam MoU itu.

"Terkait upaya kita meningkatkan kerjasama yang lebih baik lagi menyangkut haji dan umrah. Yang kedua, pendidikan keagamaan dan hubungan antar dua negara yang lebih dititikberatkan pada peningkatan pendidikan keagamaan," terangnya.

"Termasuk juga pengelolaan zakat dan wakaf, ini juga sesuatu yang sangat strategis dalam pemberdayaan ekonomi umat ke depan," lanjut Lukman.

Mengenai tindak lanjut ganti rugi pemerintah Arab Saudi terkait kecelakaan crane yang menimpa peserta haji Indonesia pada 2015 lalu, Lukman belum berani memberi kepastian. Dia harus melihat arah perbincangan yang tercipta nantinya. "Ya itu tentu akan tergantung dari perkembangan dialog dalam pertemuan nanti," ucapnya.

Pada kunjungan kenegaraannya nanti, Raja Salman juga akan diagendakan berdialog dengan para ulama dan tokoh agama. "Ke Istana Bogor, di situ ada beberapa agenda, antara lain pemberian penghargaan dan juga pertemuan dengan tokoh-tokoh agama," katanya. [MDK/DTC]

25°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 14 Nov 2018 27°C 22°C
  • 15 Nov 2018 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px