Log in

Lagi, Video Polisi di Medan Mengonsumsi Sabu Viral

Oknum Polisi diduga sedang mengonsumsi sabu di satu ruangan. Oknum Polisi diduga sedang mengonsumsi sabu di satu ruangan.

Setelah aksi videonya diduga sedang mengonsumsi sabu viral di media sosial oknum polisi berpangkat Aiptu bermarga Tarigan yang bertugas di Polsek Medan Area, akhirnya menyerahkan diri ke Polrestabes Medan.

Hal itu dikatakan Kanit Reskrim Polsek Medan Area Iptu P Hutagaol SH MH saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (4/9) sore.

Dikatakannya, bahwa anggotanya, Aiptu PE Tarigan menyerahkan diri ke Polrestabes Medan usai videonya diduga sedang menggunakan sabu viral di media sosial.

Selama bertugas di Polsek Medan Area, Aiptu Tarigan yang menjadi Kepala Tim (Katim) Tugas Luar (TL) memang sedang menjadi pantauan karena ulahnya yang diduga kuat kerap menggunakan narkoba.

“Bukan ditangkap, Aiptu PE Tarigan menyerahkan diri ke Polrestabes Medan terkait videonya yang sedang nyabu beberapa waktu lalu di kawasan Jalan Denai, Gang Mesjid, No 14, Kelurahan Tegal Sari 1, Kecamatan Medan Denai, viral,” ungkap Hutagaol.

Sementara itu, Kasi Propam Polrestabes Medan Kompol M Arifin SH saat ditanya membenarkan Aiptu PE Tarigan menyerahkan diri terkait aksinya diduga sedang mengonsumsi sabu di salah satu rumah warga menjadi viral.

“Dia nyerahkan diri, udah dites urine dan hasilnya juga positif. Saat ini kita kita masih lakukan proses periksaan,” ujarnya.

Saat ditanya mengenai sanksi dan proses hukum terhadap Aiptu PE Tarigan, Kompol Arifin mengatakan bahwa dia bisa terancam di PDTH alias dipecat dari institusi Polri karena dianggap telah merusak citra Polri.

“Akan kita lakukan sidang kode etik dulu. Terancam dipecat, bisa saja, tapi kita masih proses dan itu tergantung di persidangan juga nantinya,” sebutnya.

Dari hasil penyelidikan dan interogasi pihak Propam, sambung mantan Kapolsek Medan Area ini, bahwa Aiptu PE Tarigan tak tahu kalau salah seorang temannya menyabu mem-videokan aksi itu.

“Dia ngaku sudah menggunakan narkoba sekitar 3 tahun. Dia gak sadar (tak mengetahui) saat divideokan. Sejak saya menjabat di situ, saya sudah geser dia gak di reskrim lagi, namun setelah saya ganti, dia (Aiptu PE Tarigan balik lagi ke reskrim),” akunya.

Atas perbuatannya Aiptu PE Tarigan terancam pidana dan terancam dipecat dari Polri karena telah melanggar Pasal 7 ayat 1 huruf b Perkap No 14 Tahun 2011 tentang Kode Etik Profesi Polri dan atau Pasal 14 ayat 1 huruf b No 1 Tahun 2003.

Selain Aiptu PE Tarigan, Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Medan juga sudah meringkus teman yang memvideokan Aiptu PE Tarigan yang diduga sedang nyabu.

“Kawan yang mem-videokan itu juga sudah ditangkap oleh Satres Narkoba sejak video Aiptu Tarigan viral,” pungkasnya.

Kasus yang memalukan institusi Polri ini bukan yang pertama di Medan. Sebelumnya seorang personel Polsek Helvetia juga diamankan setelah videonya lagi mengisap benda diduga sabu-sabu tiba-tiba viral di media sosial.

Video tersebut menampilkan seseorang berseragam lengkap polisi dengan santai seperti sedang memakai narkoba jenis sabu. Dalam video itu, pria tersebut tampak santai mengisap benda dari satu set alat isap yang dirangkai dari botol air mineral.     Belakangan diketahui oknum polisi itu merupakan Provost Helvetia berinisial Bripka HG. Bripka HG sudah diamankan di Poltabes Medan dari rumahnya di Jalan Setia, Pulo Brayan, Medan, Kamis (24/8/2018) sekitar pukul 23 00 WIB. Dia dibawa ke Propam Polrestabes Medan dan menjalani proses pemeriksaan.

Petugas juga sudah mendatangi rumah di Jalan Kawat IV, Tanjung Mulia Hilir, yang diduga menjadi lokasi perekaman video. Mereka juga sudah menggeledah kediaman Bripka HG, namun tidak menemukan narkoba maupun alat isapnya. (ACO)

Beri Komentar Anda

Wajib isi yang bertanda asterik (*). Kode HTML tidak diperbolehkan.

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 6.44 km/h

  • 26 Sep 2018 29°C 22°C
  • 27 Sep 2018 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px