Log in

Lagi Petugas KPPS Meninggal Dunia

Almarhum Slamat, petugas KPPS Desa Bulan-Bulan, Kecamatan Limapuluh Pesisir, Kabupaten Batu Bara disemayamkan di rumah duka. Andalas/sutan sitompul Almarhum Slamat, petugas KPPS Desa Bulan-Bulan, Kecamatan Limapuluh Pesisir, Kabupaten Batu Bara disemayamkan di rumah duka. Andalas/sutan sitompul

Batu Bara-andalas Slamat (53) petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Desa Bulan-Bulan, Kecamatan Limapuluh Pesisir, Kabupaten Batu Bara meninggal dunia, Sabtu (18/5) petang setelah beberapa hari dirawat di RS Bhayangkari Kota Tebing Tinggi.

Menurut Ketua KPPS Desa Bulan Bulan, Rahmad Akbar, Minggu (19/05) Slamat dibawa ke rumah sakit setelah selesai pemungutan suara pada malam harinya.

"Kami saat itu tidak dapat informasi, karena sibuk dengan rekapitulasi di PPK," ujar Rahmad.

Dikatakan Rahmad, almarhum  sempat pulang ke rumah, namun kondisinya semakin melemah. Keluarga kembali melarikannya ke rumah sakit.

"Ketika masuk ke rumah sakit yang kedua kalinya, barulah kami dikabari, dan kami pun menjenguk. Namun Pak Slamat menghembuskan nafas terakhir, Sabtu kemarin pukul 15.00 WIB. Kejadian ini sudah disampaikan ke KPU Batu Bara," terangnya.

Slamat yang menjadi tulang punggung keluarga yang juga Kepala Dusun I Desa Bulan Bulan  kinininggalkan satu orang istri dan empat orang anak.

Sepeninggal almarhum, sang istri harus berjuang seorang diri  untuk menyekolahkan seorang anak laki - laki  yang masih duduk di bangku sekolah memengah pertama (SMP).

Pada Minggu (19/05) almarhum Slamat dikebumikan di perkuburan muslim  Desa Bulan Bulan.

Dengan meninggalnya Rahmad menambah daftar panjang peyelenggara Pemilu yang  meninggal dunia. Sebelumnya, tercatat jumlah petugas KPPS yang meninggal dunia sebanyak 486 orang.

"Jumlah petugas KPPS yang wafat 486 orang," ujar komisioner KPU Evi Novida Ginting di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (16/5) lalu.
Evi mengatakan pihaknya masih melakukan pemberian santunan secara berjenjang. Menurutnya, dana santunan ini diberikan melalui rekening kepada masing-masing keluarga.

Sementara itu, data Kementerian Kesehatan melalui dinas kesehatan tiap provinsi mencatat petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang sakit sudah mencapai 11.239 orang dan korban meninggal 527 jiwa.

Berdasarkan siaran pers Kementerian Kesehatan yang diterima di Jakarta, Kamis (16/5, jumlah korban sakit dan meninggal tersebut hasil investigasi Kemenkes di 28 provinsi per tanggal 15 Mei 2019.

Jumlah petugas pemilu yang meninggal bertambah dari 4 provinsi, yakni Sumatera Utara dengan jumlah petugas meninggal sembilan jiwa; Sulawesi Selatan empat jiwa; Bangka Belitung satu jiwa; dan Sulawesi Barat satu jiwa.

Berdasarkan laporan dinas kesehatan di setiap provinsi menunjukkan jumlah petugas Pemilu yang meninggal terbanyak ada di Provinsi Jawa Barat, 177 jiwa. (SUSI)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px