Log in

KPK OTT Bupati Buton Selatan

Agus Feisal Hidayat Agus Feisal Hidayat

Kendari-andalas  Komisi Pemberantasan Korupsi melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Buton Selatan Agus Feisal Hidayat, Rabu (23/5) atas dugaan terlibat tindak pidana korupsi. Kepala Kepolisian Resor Baubau AKBP Daniel Widya Mucharam membenarkan soal kabar penangkapan itu dan menyebutkan Agus Feisal masih diperiksa penyidik KPK di ruang reskrim kepolisian setempat.

"Saya sementara di Kendari, namun betul begitu (Agus Feisal Hidayat, red) sedang diperiksa KPK," kata dia.

Kabid Humas Polda Sultra AKBP Harry Goldenhardt juga membenarkan bahwa Bupati Buton Selatan sedang diperiksa KPK di Polres Baubau.

"Benar disampaikan bahwa pada hari ini Rabu, 23 Mei 2018, pukul 19.00 telah datang satu tim KPK ke mapolres bersama Bupati Buton Selatan," katanya.

Kata dia, tim KPK sedang melaksanakan pemeriksaan terhadap Bupati Buton Selatan. "Selain Bupati Buton Selatan ada sembilan orang lainnya yang diamankan," katanya.

Ketua KPK Agus Rahardjo membenarkan adanya penangkapan tersebut. "Iya benar," ujar Agus saat dikonfirmasi.

Namun, Agus masih enggan membeberkan penangkapan tersebut terkait kasus apa. Ia menyatakan akan membeberkan informasi penangkapan Bupati Buton Selatan periode 2017-2022 itu pada saat konferensi pers.

"Tunggu konferensi pers besok," kata Agus.

Sementara itu Kabiro Humas KPK Febri Diansyah mengatakan ada 10 orang yang diamankan termasuk Bupati Buton Selatan Agus Feisal Hidayat. Sedangkan, sembilan orang lainnya berasal dari berbagai unsur.

"Sekitar 10 orang diamankan termasuk Bupati, PNS, konsultan lembaga survei, dan pihak swasta," kata Febri.

Untuk barang buktinya, Febri mengatakan ada uang Rp400 juta yang turut disita. Mereka yang ditangkap saat ini sedang menjalani pemeriksaan awal di Mapolres Baubau. KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk melakukan pemeriksaan terhadap mereka yang terjaring OTT. Setelahnya, KPK akan mengumumkan status hukum mereka.
    
Rekam Jejak

Agus Faisal Hidayat merupakan Bupati Buton Selatan periode 2017 – 2022 yang dilantik setahun lalu, 22 Mei 2017. Agus lahir di Baubau, Sulawesi Tenggara, pada 11 Agustus 1976. Ia merupakan putra mantan Bupati Buton dua periode, LM Sjafei Kahar.

Berdasarkan situs resmi Pemkab Buton Selatan, Agus memulai kariernya dari PNS di Departemen Pertanian, Setda Pemprov Sultra. Berbagai jabatan di birokrasi sempat diemban oleh Agus.

Pada tahun 2009, Agus dipercaya menjadi Camat Pasarwajo, Buton Selatan. Ia kemudian menjadi Kepala Bagian SDA Kabupaten Buton dan dilanjutkan menjabat Staf Ahli Bupati Buton.

Selain di pemerintahan, Agus juga sempat menjabat Ketum PSSI Buton Selatan pada tahun 2011. Agus pada tahun ini juga mengikuti jejak bapaknya dengan mencalonkan diri sebagai Bupati Buton. Agus berpasangan dengan Yaudu Salam Ajo.

Meski mendapat suara terbanyak, Agus tak dapat meraih kursi Bupati Buton. Perolehan suara Agus oleh hakim Mahkamah Konstitusi karena suap mantan Ketua MK Akil Muchtar.

Agus kemudian mecoba peruntungan di Pilkada Buton Selatan tahun 2017. Agus yang  diusung oleh PDIP saat itu berpasangan dengan La Ode Arusani. Pasangan ini mengalahkan tiga paslon Cabup-Cawabup Buton Selatan dengan perolehan 43,01 persen atau 17.224 suara. (G/ANT/DTC/KMP)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 11 Dec 2018 27°C 22°C
  • 12 Dec 2018 28°C 22°C

Banner 468 x 60 px