Log in

Ketua DPRDSU Berharap Presiden Jokowi Realisasi Usulan PWI dan SPS


Medan-andalas Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting  berharap kepada  Presiden Jokowi secepatnya merealisasikan usulan PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Cabang Sumut dan SPS (Serikat Penerbit Surat Kabar) Sumut untuk memberi  kemudahan pajak bagi media cetak, yang terimbas dari dampak Covid-19.
 
"Kita sangat setuju dan mendukung upaya  PWI dan SPS Sumut meminta Presiden Jokowi memberikana solusi terbaik bagi industri pers yang terkena dampak pandemi Covid-19 saat ini," ujar Baskami Ginting kepada wartawan, Selasa (6/4) di ruang kerjanya gedung DPRD Sumut 
 
Menurut Baskami, media massa terutama media cetak, telah kehilangan pemasukan karena banyak pengiklan menarik anggaran marketing mereka, untuk mengendalikan biaya karena ketidakpastian terkait pandemi tersebut, sehingga pemerintahan Jokowi perlu memberikan kemudahan atau semacam stimulus dengan dispensasi harga kertas, agar media cetak bisa terselamatkan.
 
"Jika tidak diberikan solusi, misalnya kemudahan pajak media cetak seperti yang diinginkan para industri pers atau pengurangan harga kertas beberapa persen, dikhawatirkan akan berdampak luas bagi kalangan pers gara-gara wabah yang membuat kondisi finansial mereka kesulitan," ujarnya.
 
Politisi PDI Perjuangan ini berharap pemerintah memberikan perhatian kepada industri pers di Sumut khususnya media cetak dan memberi jalan keluar dari persoalan yang dihadapi saat ini, agar media tersebut jangan sampai menghentikan percetakan. Apalagi media cetak sebagai perusahaan pers yang tetap konsisten membayar pajak.
 
"Jika media cetak terhenti, komunikasi dan informasi ke masyarakat terputus, terutama terkait masalah Covid-19, banyak informasi yang aktual perlu diketahui masyarakat. Media cetak harus diselamatkan, karena merupakan salah satu media informasi paling efektif bisa digunakan pemerintah dalam situasi sekarang ini," tandasnya.
 
Perlu diketahui, tandas Baskami, media cetak saat ini sebagai garda terdepan dalam menyampaikan informasi terkait Covid-19 harus segera diselamatkan oleh pemerintah, baik Pemprov Sumut maupun pemerintah pusat dengan menyisihkan anggaran dari APBD maupun APBN untuk biaya subsidi kertas yang semakin melonjak sejalan dengan naiknya nilai tukar rupiah terhadap dolar.
 
Seperti diketahui sebelumnya, SPS dan PWI beserta para Pemimpin Media di Sumatera Utara dalam pernyataannya menyebutkan, pandemi Corona yang terus merebak di seluruh dunia, media cetak berharap Presiden Joko Widodo memberi solusi agar perusahaan penerbitan media cetak dapat bertahan dalam situasi yang sulit seperti sekarang ini.
 
SPS, PWI dan pemimpin media di Sumut minta pemerintah segera mengambil langkah strategis dalam menyelamatkan bisnis media cetak, apalagi sejarah bangsa ini tidak bisa lepas dari peran media cetak yang ikut andil dalam merebut dan memperjuangkan kemerdekaan bangsa.
 
Berkaitan dengan itu, Baskami juga mengajak Gubernur Sumut Edy Rahmayadi untuk ikut mendukung "gebrakan" SPS, PWI Cabang Sumut dan pemimpin media cetak di Sumut kepada Presiden RI Jokowi, guna memberi keringanan maupun kemudahan pajak atau pun subsidi kertas kepada media cetak di daerah ini.(uj) 

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C