Log in

Kebakaran di Mangkubumi, 22 Rumah Hangus, 1 Orang Diamankan

Sejumlah warga memeriksa bangunan rumah mereka yang hangus terbakar di permukiman padat penduduk Jalan Mangkubumi, Medan, Rabu (10/10) malam. Sejumlah warga memeriksa bangunan rumah mereka yang hangus terbakar di permukiman padat penduduk Jalan Mangkubumi, Medan, Rabu (10/10) malam.

Medan-andalas Sedikitnya 22 rumah hangus dan 13 rumah lainnya terpaksa dirusak setelah kebakaran hebat melanda permukiman padat penduduk di Jalan Mangkubumi, Lingkungan V, Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun, Rabu (10/10) malam.

Koordinator Pudalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan M Yunus memperkirakan rata-rata bangunan yang terbakar mengalami kerusakan mencapai 60  sampai 90 persen.

Kepada wartawan, Kamis (11/10) Yunus menjelaskan, kebakaran tersebut mulai terjadi sekitar pukul 20.45 WIB. Sulitnya lokasi serta padatnya penduduk sempat membuat petugas kesulitan dalam memadamkan api.

Untuk mencegah api semakin membesar dan kebakaran semakin meluas petugas terpaksa merusak 13 rumah demi memperlancar keluar masuk mobil pemadam kebakaran untuk memadam api. Api baru berhasil dijinakkan petugas damkar sekitar pukul 23.30 WIB.

Tidak ada korban jiwa ataupun luka-luka dalam musibah kebakaran ini. Namun sebanyak 33 kepala keluarga menjadi korban kehilangan tempat tinggal. Kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah. Untuk sementara Aula Kantor Lurah Aur disediakan sebagai tempat penampungan sementara bagi para korban kebakaran tersebut.

Sementara, Polsek Medan Kota harus mengamankan satu orang warga Jalan Mangkubumi bernama Julius Raju (37). Raju diantarkan keluarganya ke kantor polisi sekira pukul 23.30 WIB, karena diduga sebagai penyebab terbakarnya puluhan rumah tersebut.

Kapolsek Medan Kota Kompol Revi Nurvelani mengatakan, peristiwa kebakaran itu telah membuat sekira 30 unit rumah hangus. Sumber api diduga berasal dari lilin yang dibakar Raju di rumahnya karena gelap. Namun, lilin itu diletakkannya di loteng rumahnya yang tidak jauh dari tilam tempatnya tidur.

"Lalu yang bersangkutan turun dan masuk ke kamar mandi. Selesai dari kamar mandi, dia sudah melihat api membesar di loteng rumahnya," sebut Revi.

Kata Revi, salah seorang warga menuding Raju sengaja membakar rumahnya, sehingga mencoba memukulinya. Karena ketakutan, Raju kemudian melarikan diri dengan cara melompat ke Sungai Deli.

"Atas kejadian tersebut terduga (Raju) lalu diamankan di Mako Polsek Medan Kota untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," pungkasnya.

Pasca-kebakaran, Pemerintah Kota Medan melalui BPBD Kota Medan menyerahkan bantuan langsung kepada keluarga korban berupa logistik, diantaranya semen,
handuk, perlengkapan tidur, lauk pauk, dan lainnya.

Pemberian bantuan dilaksanakan di Aula Kantor Lurah Aur, Jalan Brigjen Katamso, yang turut dihadiri Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution, Kalaksa BPBD Medan Arjuna Sembiring, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Medan, Manager Pusdalops BPBD Kota Medan, Camat Medan Maimun beserta staf, Lurah Aur beserta kepling setempat.

Bantuan dari Pemko Medan itu selanjutnya disalurkan kepada sebanyak 33 kepala keluarga (KK) yang menjadi korban kebakaran tersebut. Akhyar  berharap bantuan yang diberikan itu dapat menjadi pembangkit semangat bagi warga untuk cepat bangkit dan melanjutkan kembali kehidupan seperti semula.

"Bantuan yang kita berikan ini memang tidak seberapa tapi saya berharap dapat membantu dan meringankan beban warga yang kini kehilangan tempat tinggal dan harta bendanya. Semoga bantuan yang kita berikan ini dapat menjadi pembangit semangat sehingga warga korban kebakaran cepat bangkit serta melanjutkan kembali kehidupan seperti semula," kata Wakil Wali Kota.

Kepala BPBD Kota Medan Arjuna Sembiring mengatakan, bantuan yang diberikan itu diharapkan dapat bermanfaat sekaligus meringankan beban warga korban kebakaran.  Dia pun berharap agar warga tidak terus larut dengan kesedihan dan cepat bangkit untuk menata kembali kehidupan bersama anggota keluarga masing-masing  pasca kebakaran terjadi.

"Kita harapkan bantuan ini dapat menjadi pendorong semangat sehingga saudara-saudara kita yang menjadi korban kebakaran cepat bangkit. BPBD Kota Medan siap terus membantu," ungkap Arjuna. (DA)

23°C

Medan, Sumatera Utara

Scattered Thunderstorms

Humidity: 97%

Wind: 4.83 km/h

  • 11 Dec 2018 28°C 22°C
  • 12 Dec 2018 27°C 22°C

Banner 468 x 60 px